Sabtu 06 Apr 2024 12:32 WIB

Panglima Sebut Marsekal Fadjar Wujudkan Modernisasi Alutsista di TNI AU

Marsekal Fadjar juga sangat cermat dalam mewujudkan AU yang disegani di kawasan.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meneken surat sertijab KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).
Foto: Dok Puspen TNI
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto meneken surat sertijab KSAU Marsekal Mohamad Tonny Harjono di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan, Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) ke-23 Marsekal Fadjar Prasetyo berhasil mewujudkan modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI AU selama menjabat.

"Marsekal Fadjar juga sangat cermat dan teliti dalam rangka mewujudkan visinya yang ingin menjadikan AU yang disegani di kawasan. Adapun implementasinya dari visi tersebut adalah modernisasi alutsista dengan mengakuisisi berbagai platform udara yang tangguh dan modern," kata Agus saat serah terima jabatan (sertijab) KSAU di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2024).

Baca: Pidato Perpisahan KSAU: Pemimpin Kesatria tidak Lari Saat Hadapi Masalah

Agus memimpin upacara sertijab KSAU dari Marsekal Fadjar Prasetyo kepada Marsekal Mohamad Tonny Harjono. Selain itu, Agus juga menyebut Fadjar yang pensiun per 9 April 2024, memiliki ketelitian dan kecermatan dalam menjalankan program penguatan TNI AU.

Salah satu upaya yang dilakukan dalam melakukan penguatan angkatan udara adalah pembangunan sarana dan fasilitas militer. Pembangunan fasilitas itu sesuai standar penyusunan postur TNI Angkatan Udara 2025-2044 untuk mencapai era Indonesia Emas 2045.

Agus berharap, seluruh kinerja baik yang ditinggalkan Fadjar bisa dilanjutkan penerusnya Marsekal Tonny. Apalagi, dalam beberapa tahun ke depan, TNI AU bakal kedatangan berbagai jenis alutsista baru.

Baca: Dino Sebut Prabowo Berminat Jadi Pemain Kancah Internasional

Beberapa pejabat terlihat hadir dalam upacara sertijab KSAU. Di antaranya, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Hadi Tjahjanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, dan Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal Maruli Simanjuntak.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Tonny sebagai KSAU menggantikan Marsekal Fadjar. Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana mengatakan bahwa penunjukan Marsdya Tonny sebagai KSAU tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20/TNI/Tahun 2024 yang ditandatangani pada tanggal 25 Maret 2024.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Ari dalam pesan singkat di Jakarta, Selasa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement