Sabtu 06 Apr 2024 21:38 WIB

Jenderal Agus Subiyanto Promosikan Marsda M Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda M Khairil Lubis mengisi pos yang ditinggalkan Marsekal Mohamad Tonny Harjono.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi dan mempromosikan 42 pati TNI tiga matra.
Foto: Dok Dispenad
Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto memutasi dan mempromosikan 42 pati TNI tiga matra.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Agus Subiyanto mempromosikan Marsda M Khairil Lubis menjadi Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) II. Khairil menjadi salah satu dari 42 perwira tinggi (pati) TNI tiga matra yang mengalami mutasi dan promosi.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen R Nugraha Gumilar menjelaskan, rotasi dan mutasi itu berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/401/IV/2024 tanggal 5 April 2024 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Pun rotasi dan mutasi merupakan hal biasa di lingkungan TNI.

Baca: Kronologi TNI-Polri Habisi Pimpinan KKB Abubakar Kogoya di Mimika

"Telah resmi ditetapkan mutasi dan promosi jabatan 42 pati TNI terdiri 31 pati TNI AD, dua pati TNI AL, dan sembilan pati TNI AU," ujar Nugraha dalam siaran pers di Jakarta, Sabtu (6/4/2024).

Marsda M Khairil Lubis sebelumnya menjabat Asisten Logistik Kepala Staf Angkatan Udara (Aslog KSAU) dan akan menduduki Pangkogabwilhan II. Dia menduduki jabatan yang ditinggalkan Marsekal Mohamad Tonny Harjono, yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi KSAU. Di posisi barunya, Khairil Lubis akan menyandang pangkat marsekal madya (marsdya) atau bintang tiga.

Untuk posisi Aslog KSAU akan diduduki Marsda TBH Age Wiraksono yang sebelumnya menjabat Asisten Intelijen (Asintel) KSAU. Sedangkan Marsda Benedictus Benny K dimutasi menjadi Asintel KSAU. Benny sebelumnya menjabat Kepala Pusat Kelaikan Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Kapuslaiklambangjaau).

Baca: Panglima TNI Promosikan Marsda M Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Sedangkan Marsma Danet Hendriyanto mendapat promosi dari Kepala Dinas Administrasi Personel Angkatan (Kadisminpersau) menjadi Kapuslaiklambangjaau. Danet akan menyandang bintang dua alias marsda di jabatan barunya tersebut.

Selain itu, Panglima TNI juga menggeser Brigjen Agus Widodo dari Komandan Korem (Danrem) 174/Anim Ti Waninggap (Merauke) menjadi Wakil Asisten Operasi KSAD Bidang Persiapan Operasi. Adapun Kolonel Inf Wempi Ramandei dipromosikan menjadi Danrem 174/Anim Ti Waninggap. Pangkat Wempi pun akan berubah menjadi brigen atau bintang satu.

Brigjen Budi Hariswanto juga mendapatkan promosi dari Dosen Ahli Bidang Strategi Sesko TNI menjadi Kepala Pusat Zeni Angkatan Darat (Kapusziad). Budi Hariswanto akan mendapat kenaikan satu bintang di jabatan barunya.

Baca: PT PAL Pastikan Fasilitas Produksi Kapal Selam Scorpene Sudah Siap

Sementara itu, Laksma Mulyono akan meninggalkan posisi Inspektur Bakamla menjadi Staf Khusus KSAL. Jabatan Inspektur Bakamla akan diduduki Kolonel Laut (S) Burhanuddin yang sukses pecah bintang alias bakal berpangkat bintang stau.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement