Selasa 21 Nov 2023 09:23 WIB

BNPB: Kekeringan Panjang di Jawa Picu Longsor Saat Musim Hujan

BNPB sebut kekeringan panjang terjadi di Pulau Jawa memicu longsor saat hujan.

Bangunan madrasah diniyah (MD) di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi rusak diterjang longsor. BNPB sebut kekeringan yang lama terjadi di Pulau Jawa memicu longsor saat hujan.
Foto: dok BPBD Kabupaten Sukabumi
Bangunan madrasah diniyah (MD) di Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi rusak diterjang longsor. BNPB sebut kekeringan yang lama terjadi di Pulau Jawa memicu longsor saat hujan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat kekeringan yang cukup lama terjadi di Pulau Jawa dapat memicu longsor saat musim hujan terjadi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin, menyebut Pulau Jawa memiliki rentang hari tanpa hujan pada saat kemarau selama hampir 4 bulan.

Baca Juga

Akibatnya, tanah mengalami retak-retak dan daerah perbukitan juga mengalami rekahan-rekahan akibat kondisi kering.

Jika wilayah tersebut tiba-tiba diguyur hujan dengan intensitas tinggi, maka retakan diisi oleh air hujan yang kemudian akan menjadi bongkahan-bongkahan longsor.

"Itu kenapa di sini kita lihat khususnya Jawa Barat, Jawa Tengah, beberapa kali kejadian longsor yang cukup signifikan. Dan kita tahu Jawa Barat dari tengah ke selatan, itu adalah kawasan topografi perbukitan, yang memang daerah rawan longsor," ujar Abdul.  

Abdul mengimbau agar kondisi tersebut harus diperhatikan oleh pemerintah daerah, khususnya di dalam 1-2 bulan ke depan yang mana frekuensi kejadian longsor ini akan semakin sering.

"Dua hari yang lalu kita menerima untuk longsor Bogor saja ada tiga kejadian dalam satu hari. Ini benar-benar harus menjadi potensi bagi pemerintah daerah," kata dia.

Secara khusus, Jawa dominan cuaca ekstrem saat berada di peralihan antara kemarau dan hujan, baik dengan maupun tanpa hujan.

Dampaknya, masyarakat dapat melihat video-video amatir terdapat angin puting beliung dengan skala yang cukup besar, dan dampaknya cukup signifikan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement