Rabu 08 Nov 2023 02:27 WIB

Pascahujan Deras, Tiga Lokasi di Jatijajar Depok Longsor

Ada tiga rumah yang terdampak longsor dan tidak ada korban dalam peristiwa ini.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus raharjo
Sejumlah pengendara melintasi genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). (Ilustrasi)
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Sejumlah pengendara melintasi genangan air di Jalan Arif Rahman Hakim, Depok, Jawa Barat, Rabu (19/10/2022). (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK–Sebanyak tiga titik di Kelurahan Jatijajar, Tapos, Kota Depok, dilaporkan longsor setelah hujan deras yang terjadi pekan lalu. Penanganan bencana dikatakan sangat diperlukan di wilayah terdampak.

"Kami sudah merekap dan meninjau semua lokasi longsor yang berada di kelurahan Jatijajar. Total ada tiga titik yaitu di RW 06 yang berbatasan dengan RW 11 RW 09 dan RW 10 Jatijajar," tutur Lurah Jatijajar, Mujahidin dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Selasa (7/11/2023).

Baca Juga

Menurut Mujahidin, pihaknya sudah membuat laporan dinas terkait, yaitu Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Dinas Sosial (Dinsos) Kota Depok. Agar segera dilakukan penanganan, seperti pengangkatan material longsor maupun bantuan bahan pokok.

“Pertama kami sudah bersurat ke dinas terkait, meminta tindak lanjut. Dan kami sudah memberikan bantuan kepada rumah yang terdampak,” katanya.

Longsor yang terjadi, lanjut Mujahidin, memiliki tinggi yang bervariatif. Akibat dari longsor ini sebagian jalan warga tertutup longsoran tanah. Ia juga menyebut ada tiga rumah yang terdampak longsor ini dan tidak ada korban dalam peristiwa tersebut.

"Penyebab longsor, karena intensitas hujan tinggi, sehingga struktur tanah dan bebatuan bergerak ke tempat yang lebih rendah," ujarnya.

Guna mengantisipasi kejadian serupa Mujahidin mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan sejumlah langkah. Diantaranya, membuang sampah pada tempatnya, rajin membersihkan selokan dan saluran air, menjaga kelestarian alam dan membuat sumur resapan.

“Selain itu, memperbanyak ruang terbuka hijau, membuat lubang biopori, serta membuat saluran air yang baik. Semoga dengan langkah yang dilakukan dapat meminimalisir dampak dari cuaca ekstrem ini," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement