Kamis 16 Nov 2023 14:29 WIB

TNI AU Klarifikasi Insiden Dua Pesawat Tempur Taktis Super Tucano Jatuh

TNI AU mengaku masih menyelidiki insiden dua pesawat yang terjatuh.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo saat memberikan keterangan pers mengenai Kasau Awards 2023 di Gedung Ardhya Loka, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023).
Foto:

Warga terlihat berlarian saat pesawat yang diduga terjatuh di wilayah perkebunan mengeluarkan ledakan. Kondisi di sekitar pesawat terlihat berkabut.

Dikutip dari situs tni-au.mil.id, pesawat EMB-314 Super Tucano sendiri merupakan jenis pesawat latih dengan kemampuan antiperang gerilya. Pesawat ini digunakan antara lain untuk misi pengintaian dan penumpasan pemberontak.

Diketahui, Indonesia memiliki 16 unit pesawat EMB-314 Super Tucano. Seluruh pesawat ini dibeli dari Brasil pada 2012. Seluruh pesawat ditempatkan di Skadron 21 Abd Malang. Pesawat Super Tucano ini menggantikan pesawat OV-10F Bronco.

EMB-314 Super Tucano sendiri memiliki dua versi. Yakni tipe A-29ALX dengan kursi tunggal dan AT-29B dengan kursi ganda. Masih dari laman tni-au.mil.id, khusus tipe kursi ganda dapat digunakan sebagai elemen pesawat latih lanjut. Pesawat yang dimiliki TNI AU merupakan tipe kursi ganda.

photo
Rencana Anggaran untuk Alutsista Indonesia - (Infografis Republika.co.id)

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement