Rabu 03 Apr 2024 08:53 WIB

Presiden Jokowi Lantik Marsdya M Tonny Harjono Jadi KSAU pada Jumat

Marsdya M Tonny Harjono merupakan eks ajudan presiden dan sesmilpres.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) baru, Marsekal Madya (Marsdya) Mohamad Tonny Harjono di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat pada Jumat (5/4/2024) . Tonny Harjono menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo yang akan memasuki usia pensiun pada 9 April 2024.

"Pelantikan KSAU hari Jumat," kata Jokowi saat melepas bantuan kemanusiaan untuk Palestina dan Sudan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (3/4/2024).

Baca: Presiden Jokowi Resmi Tunjuk Marsdya Mohamad Tonny Harjono Jadi KSAU

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menunjuk Marsdya Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU ke-24 menggantikan Marsekal Fadjar Prasetyo. Penunjukan tersebut tertuang dalam Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 yang juga mengatur soal pemberhentian Marsekal Fadjar Prasetyo dari jabatannya.

"Presiden telah menandatangani Keppres Nomor 20/TNI/Tahun 2024 tanggal 25 Maret 2024 tentang pemberhentian dengan hormat Marsekal TNI Fadjar Prasetyo dari jabatannya sebagai KSAU, dan pengangkatan Marsekal Madya TNI Mohamad Tonny Harjono sebagai KSAU yang baru," kata Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana kepada Republika.co.id, Selasa (2/4/2024).

Baca: Panglima TNI Mutasi Dansesko TNI serta Dirjen Strahan dan Pothan Kemenhan

Adapun Marsdya M Tonny Harjono sekarang menjabat Pangkogabwilhan II. Dia merupakan eks ajudan Presiden Jokowi dan Sekretaris Militer Presiden (Sesmilpres). Selain dikenal penerbang pesawat tempur F-16 dan Sukhoi, ia pernah menjabat Danlanud Adi Soemarmo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement