Sabtu 11 Nov 2023 19:52 WIB

Panglima TNI Sebut Bantuan Kemanusiaan ke Gaza Masih Tertahan di Mesir

Laksamana Yudo Margono meresmikan monumen pesawat Hawk 200 di di Madiun, Jatim.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Panglima TNI Laksamana Yudo Margono usai meresmikan monumen pesawat Hawk 200 di kawasan Gerbang Tol Dumpil, Kecamatan Madiun, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Sabtu (11/11/2023).
Foto:

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono meresmikan monumen alat utama sistem senjata (alutsista) milik TNI AU yang sudah purnatugas di Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Monumen alutsista yang diresmikan adalah Pesawat HAWK 200 dengan nomor ekor TT-0229.

"Untuk memberikan penghormatan, rasa kebanggaan, dan sebagai bukti sejarah bahwa alutsista ini sudah mengabdi di TNI Angkatan Udara maka pesawat tempur kita jadikan monumen di tempat ini," kata Yudo di kawasan exit tol Dumpil, Kecamatan/Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sabtu.

Adapun, monumen Pesawat Hawk 200 tersebut merupakan hibah dari TNI AU yang sebelumnya beroperasi di Skadron Udara 1 Lanud Supadio, Pontianak. Pemasangan monumen alutsista itu merupakan hasil kerja keras Skadron Teknik 042 Lanud Iswahjudi Magetan pada September 2023, yang baru diresmikan sekarang.

"Pesawat Hawk 200 ini telah berjasa dalam menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI. Kini sudah purna dan dijadikan museum sebagai simbol kebanggaan, pengingat, serta edukasi nilai patriotisme, utamanya bagi generasi muda," kata Yudo

Sebagai putra asli Madiun, Yudo berharap agar keberadaan monumen alutsista juga mampu menjadi inspirasi dan memotivasi masyarakat dan generasi muda bangsa tentang nilai nasionalisme. Peresmian pesawat Hawak 200 sebagai semakin melengkapi keberadaan monumen alutsista yang ada di Madiun.

Sebelumnya, sudah diresmikan pula monumen alutsista Tank PT 76 dan Meriam M30122. Saat peresmian itu, Yudo Margono didampingi oleh Penjabat Bupati Madiun Tontro Pahlawanto, Wali Kota Madiun Maidi, Komandan Korem 081/Dhirotsaha Jaya (DSJ) Kolonel Inf Sugiyono, dan pejabat terkait.

Peresmian monumen alutsista tersebut juga menarik perhatian masyarakat. Banyak orang berdatangan untuk melihat alutsista dan berfoto di lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement