Selasa 07 Nov 2023 12:09 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Hibahkan Aplikasi Gaji pada PT Sabila Cahaya Gemilang

Aplikasi SIPGAJI akan membantu sistem penggajian kepada perusahaan.

Mahasiswa Universitas BSI menghibahkan aplikasi SIPGAJI untuk PT Sabila Cahaya Gemilang.
Foto: Dok. Universitas BSI
Mahasiswa Universitas BSI menghibahkan aplikasi SIPGAJI untuk PT Sabila Cahaya Gemilang.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Dalam menjalankan komitmen sebagai salah satu Kampus Digital Kreatif yang mengimplementasikan ilmunya, Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) memberikan kontribusi positif kepada masyarakat dengan berbagai cara, di antaranya hibah, pengabdian masyarakat, dan riset/penelitian. 

Lintang Juwita Safitri dan Fajar Surya Gemilang, yang merupakan mahasiswa Universitas BSI kampus Tasikmalaya program studi (prodi) Sistem Informasi telah menghibahkan Aplikasi SIPGAJI pada perusahaan general contractor instalatir PT Sabila Cahaya Gemilang. Menurut Lintang Aplikasi SIPGAJI akan membantu sistem penggajian perusahaan, terlebih sistem penggajian dari perusahaan yang bergerak di bidang general contractor memiliki sistem penggajian yang rumit, manual, dan tidak menentu jumlah gajinya.

Baca Juga

“Perbedaan gaji antara staf dan pelaksana/petugas menjadi alasan mengapa sistem penggajian di perusahaan tersebut rumit. Hal ini didasari oleh apa dan berapa banyak pekerjaan yang dilakukan oleh para karyawan baik dilapangan maupun di dalam perusahaan. Maka, dengan adanya Aplikasi SIPGAJI ini, sistem penggajian yang ada di PT Sabila Cahaya Gemilang akan lebih efisien dan efektif," ujar Lintang, dalam keterangan tertulis, Selasa (7/11/2023).

Ia mengatakan, awal melakukan riset dan membuat aplikasi SIPGAJI ini karena melihat tidak efektifitasnya sistem penggajian yang ada di Perusahaan tersebut. Apalagi, sulitnya menghitung dan menentukan gaji di perusahaan general contractor instalatir. 

“Hal ini memicu kami untuk melakukan riset dan mendalami solusi dari kesulitan perusahaan ini. Salah satunya solusi yang kami berikan adalah membuatkan aplikasi SIPGAJI,” katanya. 

Menanggapi hal ini, Deddy Supriadi selaku Kaprodi Sistem Informasi Universitas BSI kampus Tasikmalaya mengungkapkan bahwa aplikasi SIPGAJI ini merupakan ide yang berasal dari mahasiswa untuk Tugas Akhirnya. 

“Riset yang dilakukan oleh para mahasiswa ini, menghasilkan sebuah aplikasi yang membantu perusahaan dalam mengelola gaji karyawan di PT Sabila Cahaya Gemilang. Alhamdulillah Aplikasi SIPGAJI telah dihibahkan kepada pihak perusahaan dan diterima langsung oleh Cecep Lili Sajili selaku direktur perusahaan,” ujar Deddy. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement