Senin 06 Nov 2023 09:40 WIB

10 Peluang Karier Digital Marketing dengan Gaji Menggiurkan

Karier di dunia digital marketing juga dinilai cukup menjanjikan.

Karier di dunia digital marketing dinilai cukup menjanjikan dengan gaji yang cukup menggiurkan.
Foto: Dok. Universitas BSI
Karier di dunia digital marketing dinilai cukup menjanjikan dengan gaji yang cukup menggiurkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Digital marketer tidak hanya populer, tetapi juga menawarkan jenjang karier yang cukup menjanjikan untuk tahun-tahun mendatang. Digital marketing merujuk pada semua upaya pemasaran yang dilakukan secara online melalui berbagai platform digital, seperti situs web, media sosial, email, dan iklan online. 

Gaji digital marketing tergantung pada berbagai faktor seperti lokasi, pengalaman dan jenis perusahaan tempat bekerja.

Baca Juga

Berikut jumlah standar gaji digital marketing di Indonesia berdasarkan berbagai sumber.

1. SEO dan Digital Marketing Specialist

 

Yaitu karyawan yang tugasnya meningkatkan penjualan dengan menguasai halaman pertama mesin pencarian. Dengan berada di halaman pertama google, website akan lebih mudah ditemukan oleh audiens. Gaji SEO spesialist beragam, namun rata-rata (minimal) berkisar Rp 6.000.000 – Rp. 10.000.000. 

 

2. Social Media Manager

Sosial media manajer bertugas untuk membuat dan melaksanakan marketing plan melalui sosial media. Menganalisis konten pesaing, mencari kata kunci, membuat konten sesuai target market, menjadwalkan posting konten, menganalisis kinerja konten, lalu melaporkannya pada pihak yang memerlukan laporan terkait sosial media marketing.

Rata-rata gaji digital marketing social media manajer yakni Rp 7.000.000 nilai ini bisa lebih rendah atau lebih tinggi tergantung faktor lain yang mempengaruhi.

 

3. Content Strategist

Content strategist bertugas menentukan konten yang sesuai dengan target market, dimana konten tersebut akan diposting dalam jangka waktu lama. Memang terlihat sederhana, tapi ini cukup rumit. Gaji content strategis di Indonesia bisa mencapai Rp 5.000.000 – Rp 6.000.000 per bulan.

 

4. E-commerce Specialist

Tugas e-commerce spesialist tidak jauh beda dengan sosial media spesialist, yakni merancang konten yang sesuai dengan target market. Yang membedakan yakni ruang lingkup pekerjaan e-commerce spesialist lebih luas. Tidak hanya untuk sosial media saja, tapi juga platform lain seperti website, email marketing dan lain sebagainya. Memang lebih rumit, karena gaji e-commerce specialist per bulan minimal mencapai Rp 6.000.000 – Rp. 7.000.000.

 

5. Digital Marketing Analyst

Bertugas memprediksi tren penjualan dan pemasaran, survei terhadap konsumen, menganalisis pesaing, dan menentukan cara paling efektif untuk mengumpulkan data dengan media digital. Dengan tugas yang cukup berat seperti ini, maka gaji digital marketing analyst bisa mencapai Rp 10.000.000 dalam satu bulan.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement