Kamis 02 Nov 2023 19:42 WIB

MAKI Temukan Foto Kebersamaan dan Ragukan Klaim Firli Bahuri yang tak Kenal Alex Tirta

MAKI meminta penyidik mendalami keterangan bertentangan antara Firli dan Alex Tirta.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Agus raharjo
Polisi bersiap menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Penggeledahan tersebut diduga terkait kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Selain di Kertanegara, rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Perumahan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, juga digeledah oleh Polisi.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Polisi bersiap menggeledah rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/2023). Penggeledahan tersebut diduga terkait kasus dugaan pemerasan mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Selain di Kertanegara, rumah Ketua KPK Firli Bahuri di Perumahan Villa Galaxy, Bekasi, Jawa Barat, juga digeledah oleh Polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) meragukan klaim Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri yang tak mengenal bos hotel Alexis, Alex Tirta. Keraguan itu muncul setelah MAKI menemukan foto Firli dan Alex dalam satu acara yang sama.

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman mengungkapkan, pihaknya menemukan foto kebersamaan Firli dan Alex. Dia menjelaskan, momen yang terekam dalam gambar itu terjadi saat Firli menggelar acara syukuran usai mendapatkan promosi jabatan sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri pada tahun 2019 silam.

Baca Juga

"Jadi sebelum dilantik sebagai Ketua KPK (Firli Bahuri), itu ternyata bikin acara syukuran, dan di situ ada Alex Tirta," kata Boyamin saat dikonfirmasi, Kamis (2/11/2023).

Boyamin menilai, keberadaan foto ini pun menimbulkan keraguan terhadap klaim Firli yang menyebut tidak kenal dengan Alex. Apalagi, sambung dia, Alex telah mengakui bahwa dirinya mengenal purnawirawan jenderal Polri tersebut.

Menurut Boyamin, aparat penegak hukum harus mendalami hubungan kedua belah pihak ini. Sebab, ia mengatakan, ada banyak pernyataan Firli dan Alex yang dinilai bertentangan.

"Jadi ini sekaligus (menepis) pernyataan lawyer-nya Pak Firli, Ian Iskandar yang mengatakan bahwa Pak Firli tidak mengenal Alex Tirta. dan ini justru memperkuat hal-hal yang patut didalami karena keterangannya lawyer-nya Pak Firli dan Alex Tirta itu banyak yang berbeda, banyak bertentangan begitu," tegas Boyamin.

"Justru nampak Pak Alex Tirta mengakui kenal dengan Pak Firli, tapi justru lawyer-nya Pak Firli mengatakan tidak kenal. Nah, ini yang justru harus didalami betul," sambung dia.

Sebelumnya, Firli Bahuri, membantah mengenal dengan Ketua Harian PBSI Alex Tirta yang merupakan bos eks hotel Alexis. Pernyataan itu disampaikan oleh kuasa hukum Firli Bahuri, Ian Iskandar. Pernyataan itu disampaikan setelah beredar berita yang menyebut Alex Tirta menyewa rumah di Jalan Kertanegara nomor 46 untuk kliennya.

"Enggak kenal, yang kenal Andreas,” kata Ian Iskandar menegaskan kepada awak media, Selasa (31/10/2023).

Menurut Ian, penyewaan rumah rehat itu dilakukan anak buah Firli bernama Andreas melalui agen properti. Sehingga Firli Bahuri tetap membayar sewa rumah tersebut.

Menurut dia, tidak benar jika ada informasi bahwa Firli menempatinya dengan cuma-cuma atau gratis. Karena itu Ian mempersilakan penyidik untuk memeriksa Andreas dan agen properti yang menyewakan safe house tersebut.

"Jadi itu fitnah, pembunuhan karakter beliau. Apalagi dibumbui dengan harga Rp 650 juta, tidak benar. Jadi dibantah, apalagi ada cerita dibayari oleh Alex Tirta,” keluh Ian Iskandar.

Disisi lain, Alex Tirta tidak membantah dan membenarkan rumah itu disewanya. Namun, Alex Tirta menegaskan bahwa rumah tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis.

Dia mengaku menyewa rumah tersebut sekitar tahun 2020 untuk kepentingan bisnis. Namun karena pandemi melanda dunia dan ada larangan dan pembatasan beraktifitas, maka rumah itu menjadi kosong tidak terpakai.

“Rumah itu digunakan sebagai tempat akomodasi tamu-tamu bisnis saya dari luar kota atau luar negeri,” kata Alex Tirta dalam keterangannya.

Kemudian, Alex Tirta juga mengaku berjumpa dengan ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri sekitar tahun 2020. Pada pertemuan itu, Alex Tirta mengaku, Firli mengatakan butuh sebuah rumah singgah. Sebab rumah pribadinya di Bekasi dinilai terlalu jauh dari Jakarta untuk pulang pergi.

“Saya kemudian menyarankan Bapak Firli untuk melanjutkan sewa rumah itu, dan beliau pun setuju. Tapi tidak perlu ada perubahan nama penyewa,” ujar Alex Tirta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement