Ahad 29 Oct 2023 08:58 WIB

Delapan Kabupaten dan Kota di Provinsi Ini Berpotensi Hujan Hari Ini dan Besok

Masyarakat diimbau mewaspadai genangan dan kemungkinan jalanan licin.

Informasi prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Minggu pagi hingga Senin pagi yang dirilis BMKG Stasiun Balikpapan, Sabtu (28/10/2023).
Foto: ANTARA/HO-BMKG Balikpapan
Informasi prakiraan cuaca di Kota Samarinda pada Minggu pagi hingga Senin pagi yang dirilis BMKG Stasiun Balikpapan, Sabtu (28/10/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BALIKPAPAN--Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan delapan kabupaten dan kota di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berpotensi terjadi hujan ringan. Sedangkan dua daerah lainnya yakni Kota Bontang dan Kabupaten Berau diprakirakan cerah pada Ahad-Senin (29-30/10/2023).

"Delapan kabupaten dan kota yang diprakirakan hujan ringan adalah Samarinda, Balikpapan, Penajam Paser Utara, Paser, Kutai Barat, Kutai Kartanegara, Kutai Timur, dan Mahakam Ulu," kata Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I SAMS Sepinggan BMKG Balikpapan Iwan Munandar di Balikpapan, Sabtu (28/10/2023).

Baca Juga

Bagi daerah yang diprakirakan hujan ringan, ia mengimbau masyarakat setempat waspada terhadap dampaknya seperti akan terjadi genangan dan kemungkinan jalanan licin. Terutama pengendara sepeda motor yang tetap jalan karena hanya hujan ringan, padahal jalanan licin yang bisa menyebabkan terpeleset.

Sedangkan bagi daerah yang mengalami cuaca cerah, agar saling menjaga dan tidak sembarangan melakukan pembakaran saat membuka atau mengelola lahan. Hal ini dikhawatirkan api merambat ke lahan atau hutan.

Ia menjelaskan delapan daerah yang hujan ringan tersebut, antara lain di Kota Samarinda hanya terjadi pada Ahad pagi pukul 08.00 Wita di enam kecamatan. Yakni Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Ulu, Samarinda Utara, dan Sambutan, setelah itu cerah sampai Senin pagi.

Di Kota Balikpapan, hujan ringan berpotensi terjadi pada Ahad sekira pukul 14.00 Wita di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Balikpapan Kota, Balikpapan Barat, dan Balikpapan Utara, pukul 17.00 Wita dan 20.00 Wita di Kecamatan Balikpapan Kota.

Di luar waktu tersebut, semua kecamatan di Balikpapan diprakirakan mengalami cerah hingga Senin pagi. Kecuali Kecamatan Balikpapan Kota yang diprakirakan hujan ringan pada Senin sekira pukul 08.00 Wita.

Di Kabupaten Kutai Barat, pada Ahad pukul 23.00 Wita hingga Senin pukul 05.00 Wita hujan ringan berpotensi terjadi hampir di semua kecamatan, sedangkan Senin pagi sekitar pukul 08.00 Wita hujan ringan di tujuh kecamatan yakni Bentian Besar, Damai, Melak, Barong Tongkok, Nyuatan, Sekolaq Darat, dan Siluq Ngurai.

"Kabupaten Mahakam Ulu pada Ahad pukul 17.00 Wita, hujan ringan di tiga kecamatan yakni Long Apari, Long Bagun, dan Long Pahangai. Ahad pukul 20.00 Wita hingga Senin pukul 05.00 Wita hujan ringan berpotensi terjadi di semua kecamatan," kata Iwan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement