Ahad 29 Oct 2023 07:56 WIB

Prakiraan Cuaca BMKG, Hujan Lebat Bakal Melanda Wilayah Ini

Masyarakat diimbau mewaspadai potensi banjir dan longsor.

Hujan lebat menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. (ilustrasi)
Foto: Republika/Rusdy Nurdiansyah
Hujan lebat menimbulkan kemacetan di sejumlah ruas jalan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN--Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar mewaspadai potensi terjadinya hujan dengan intensitas lebat yang dapat menyebabkan banjir dan longsor. Menurut BMKG, hujan lebat akan melanda di kawasan pegunungan di Provinsi Sumatra Utara.

"Waspada hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan, Lereng Barat, dan Lereng Timur Sumatra Utara yang dapat berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologis seperti banjir dan longsor," kata Prakirawan BBMKG Wilayah 1 Medan Budi Prasetyo di Medan, Ahad (29/10/2023).

Baca Juga

Ia menyampaikan secara umum cuaca di Sumatra Utara pada Ahad pagi berpotensi hujan ringan di wilayah Nias, Medan, Deli Serdang dan sekitarnya.

Siang dan sore hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di wilayah Lereng Barat, Lereng Timur dan pegunungan Sumatra Utara. Potensi hujan lebat dapat terjadi di wilayah Medan, Langkat, Deli Serdang, Simalungun, Asahan, Dairi, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Samosir, Pematang Siantar, Toba, dan sekitarnya.

 

Kemudian pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatra Utara. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Labuhan Batu, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Toba, Tapanuli Selatan, Tapanuli Utara, dan sekitarnya.

Sementara pada dini hari rata rata berawan di sebagian besar wilayah Sumatra Utara. Suhu udara rata-rata 18-33.0 ​​​​Celcius, kelembapan udara 60-98 persen, dan angin berhembus dari Tenggara-Barat Daya dengan 10-30 km/jam.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement