Sabtu 28 Oct 2023 17:56 WIB

Tips Temukan Inspirasi dan Ide Kreatif Bisnis Startup dari Universitas BSI

Bisnis startup menjadi salah satu pilihan berkarier yang menarik bagi anak muda.

Bisnis Startuo kian diminati para generasi muda.
Foto: Dok. Universitas BSI
Bisnis Startuo kian diminati para generasi muda.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Pandemi Covid-19 silam telah merubah lanskap pendidikan dan pekerjaan, mendorong mahasiswa untuk lebih kreatif dalam merencanakan masa depan mereka. Salah satu pilihan menarik adalah memulai bisnis startup. 

Joko Dwi Mulyanto selaku Koordinator BSI Entrepreneur Center (BEC) Universitas BSI kampus Purwokerto membagikan tips bagaimana mahasiswa dapat menemukan inspirasi dan mengembangkan ide-ide kreatif untuk bisnis startup mereka, di antaranya sebagai berikut: 

Baca Juga

1. Pahami masalah yang ada

Langkah pertama untuk menemukan ide startup yang kuat adalah memahami masalah yang ada di sekitar Anda. Identifikasi masalah di lingkungan kampus atau dalam kehidupan sehari-hari. Pertimbangkan solusi inovatif untuk masalah-masalah ini, karena seringkali ide bisnis yang paling sukses berasal dari penyelesaian masalah yang nyata.

 

2. Gali minat dan hobi pribadi

Minat dan hobi pribadi adalah sumber inspirasi yang kuat. Pikirkan tentang apa yang Anda nikmati dan apa yang Anda kuasai. Bisakah Anda mengubah minat atau hobi Anda menjadi produk atau layanan yang dapat dijual? Contoh, jika Anda pecinta fashion, mungkin Anda bisa memulai bisnis pakaian atau aksesoris unik.

 

3. Perhatikan tren dan temukan inovasi

Selalu up-to-date dengan tren terbaru dan hadirkan kebaruan di berbagai industri. Terkadang, perpaduan ide lama dengan konsep baru bisa menghasilkan solusi yang menarik atau menjadi inovasi. Pelajari startup lain yang berhasil dan lihat bagaimana Anda dapat mengadopsi elemen-elemen kunci dari model bisnis mereka.

 

4. Jaringan dan diskusi

Berbicaralah dengan teman-teman, dosen dan mentor tentang ide Anda. Diskusi dengan orang lain dapat membantu Anda mendapatkan perspektif yang berbeda dan bahkan menghadirkan ide tambahan. Bergabung dengan kelompok wirausaha atau komunitas kewirausahaan di kampus Anda juga dapat membantu terkoneksi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa.

 

5. Pelajari dari pengalaman

Jangan takut untuk mencoba dan belajar dari pengalaman Anda sendiri. Beberapa ide terbaik muncul saat Anda terlibat langsung dalam situasi tertentu. Jika Anda mencoba memulai bisnis sebelumnya dan menghadapi kegagalan, itu adalah pelajaran berharga yang dapat membantu Anda pada percobaan berikutnya.

Menurut Joko, sebagai mahasiswa, memiliki keuntungan akses ke berbagai sumber daya di kampus, seperti perpustakaan, laboratorium dan mentor. Manfaatkan sumber daya ini untuk mengembangkan ide bisnis. 

“Ingatlah bahwa perjalanan membangun startup bisa berat, tetapi dengan inspirasi yang tepat dan komitmen yang kuat, Anda dapat menciptakan bisnis yang sukses. Jangan ragu untuk bermimpi besar dan menjalani perjalanan kewirausahaan Anda dengan semangat,” tandasnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement