Selasa 24 Oct 2023 00:53 WIB

Pemkot Tangerang: Pemadaman TPA Rawakucing Tinggal 1 Zona

Pemkot Tangerang mengeklaim pemadaman TPA Rawakucing tinggal satu zona.

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas BPBD Kota Tangerang sedang memadamkan api di TPA Rawakucing yang terbakar. Pemkot Tangerang mengeklaim pemadaman TPA Rawakucing tinggal satu zona.
Foto: ANTARA/HO-Pemkot Tangerang
Petugas BPBD Kota Tangerang sedang memadamkan api di TPA Rawakucing yang terbakar. Pemkot Tangerang mengeklaim pemadaman TPA Rawakucing tinggal satu zona.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Kota Tangerang, Banten, diklaim jauh berkurang. Tinggal satu zona yang masih mengeluarkan asap per Senin (23/10/2023) siang.

"Dari tiga zona yang terbakar, tinggal satu zona yang masih mengeluarkan asap," kata Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Tangerang Mualim kepada Republika, Senin (23/10/2023).

Baca Juga

Jadi, dia melanjutkan, saat ini api sudah jauh berkurang dan tinggal asap saja. Mualim menambahkan, kini sudah masuk proses pendinginan.

Untuk memadamkan api, dia menambahkan, sudah ada bantuan water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan tim Manggala Agni dari Kementerian LHK di Senin pagi. Tak hanya itu, dia menyebutkan total 534 petugas juga dilibatkan untuk memadamkan api di TPA Rawakucing.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangerang, Maryono mengatakan, BPBD Kota Tangerang secara total mengerahkan ratusan tim gabungan untuk mempercepat penuntasan pemadaman. 

"Berdasarkan skema operasi pemadaman yang akan dilakukan, pada hari ini terdapat dua operasi yang dimaksimalkan, yakni operasi darat bersama Tim Gabungan Pemkot Tangerang dan Tim Manggala Agni KLHK, dan penerjunan water bombing dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB)," ujar Maryono, Senin (23/10/2023).

Khusus hari ini, dia melanjutkan, ada dua operasi yang dimaksimalkan. Yakni, tetap melanjutkan pemadaman operasi darat menggunakan amunisi yang ada, ditambah penerjunan water bombing untuk mempercepat penuntasan pemadaman.

Dia melanjutkan, khusus di pemadaman operasi darat yang akan dilakukan. BPBD Kota Tangerang mengerahkan ratusan tim gabungan untuk bekerja selama sehari penuh ini dengan pembagian klasifikasi tiga shift kerja yang telah disiapkan.

"Sesuai dengan arahan ketika apel persiapan tadi, pemadaman operasi darat tetap dilakukan menggunakan amunisi yang tersedia. Nantinya, tim gabungan akan dibagi dalam tiga shift kerja selama sehari penuh nanti," katanya.

Selain itu, BPBD Kota Tangerang berharap pemaksimalan dua operasi pemadaman, darat dan udara, pada hari ini dapat mempercepat penuntasan pemandaman di TPA Rawakucing, Kota Tangerang, Banten.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement