Ahad 22 Oct 2023 10:09 WIB

Antisipasi PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Jika Gibran Hengkang dari Partai

Puan menegaskan, langkah PDIP selanjutnya menunggu sikap Gibran.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rapimnas II Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas II Partai Golkar tersebut mengusulkan pasangan Bakal calon Presiden dan Wakil presiden pada pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto:

"Jangan berandai-andai kan (Gibran) belum maju. Kita tunggu dulu langkah selanjutnya," kata Puan seusai mengikuti upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad (22/10/2023).

Bahkan meskipun Gibran telah melakukan sowan ke petinggi-petinggi partai Koalisi Indonesia Maju (KIM), menurut puan hal itu bukan merupakan sinyal putra Presiden Jokowi itu akan benar-benar maju pada kontestasi Pilpres 2024. Dalam politik, kata Puan Sowan merupakan hal biasa, meskipun berbeda partai.

"Saya PDIP juga sowan, itu hal yang wajar. Jangan berandai-andai," ujarnya.

Termasuk saat ditanya aturan dalam AD/ ART PDI Perjuangan, ketika ada kader yang berpasangan dengan calon lain yang tidak didukung partai, Puan kembali meminta untuk tidak berandai-andai. Puan kembali menegaskan, Gibran yang merupakan kader PDI Perjuangan, belum pasti maju mendampingi Prabowo di Pilpres 2024. "Jangan berandai-andai, kan belum maju," ucapnya.

Puan menyatakan hingga saat ini tidak ada surat pengunduran diri dari Gibran yang masuk ke DPP PDI Perjuangan. "Tidak ada sama sekali (surat pengunduran diri Gibran)," kata Puan.

Ia pun menyikapi santai keputusan Partai Golkar yang mendukung Gibran menjadi pendamping Prabowo di Pilpres 2024. Menurut Puan, apa yang disampaikan Partai Golkar baru sekedar usulan dan belum tentu terealisasi. "Baru diusulkan (Gibran jadi Cawapres Prabowo). Kan belum (ada pengumuman pasti Gibran jadi Cawapres Prabowo)," katanya menegaskan.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo enggan menjawabnya secara tegas soal pencalonan Gibran menjadi cawapres Prabowo. Termasuk saat ditanya, apakah dirinya merestui atau tidak jika sang putra benar-benar maju pada kontestasi Pilpres 2024.

Pencalonan pilpres ranah partai politik...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement