Ahad 22 Oct 2023 10:09 WIB

Antisipasi PDIP dan TPN Ganjar-Mahfud Jika Gibran Hengkang dari Partai

Puan menegaskan, langkah PDIP selanjutnya menunggu sikap Gibran.

Rep: Nawir Arsyad Akbar, Dadang Kurnia/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto bersama Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Rapimnas II Partai Golkar di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Sabtu (21/10/2023). Rapimnas II Partai Golkar tersebut mengusulkan pasangan Bakal calon Presiden dan Wakil presiden pada pilpres 2024 yaitu Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.
Foto:

"Orang tua itu tugasnya hanya mendoakan dan merestui keputusan (Gibran) semuanya. Karena sudah dewasa ya jangan terlalu mencampuri urusan," kata Jokowi seusai menjadi Pembina Upacara Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya, Ahad (22/10/2023).

Terkait kepastian Gibran akan berpasangan dengan Prabowo di Pilpres 2024, Jokowi juga enggan memberikan kepastian. "Tanyakan ke partai politik itu wilayahnya partai politik, atau koalisi partai politik, atau gabungan partai politik, bukan urusan presiden," ujarnya.

Sebelumnya, Partai Golkar resmi memberikan surat rekomendasi agar Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres Prabowo Subianto saat Rapimnas, Sabtu (21/10/2023). Rekomendasi ini dikeluarkan usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan uji materi terkait syarat usia capres-cawapres. Dalam putusannya, MK menyatakan sosok yang telah atau sedang menjadi kepala daerah bisa diusulkan menjadi capres-cawapres meskipun belum berusia 40 tahun.

photo
Putusan MK Berubah Setelah Adik Ipar Jokowi Ikut Rapat - (infografis Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement