Jumat 17 May 2024 18:57 WIB

Menyelami Dunia Anak dan Tumbuh Bersama Mereka dengan Buku

Penting bagi orang tua membacakann dongeng pada anak-anak.

Penting bagi orang tua membacakan dongeng pada anak-anak.
Foto: ANTARAFOTO/Maulana Surya
Penting bagi orang tua membacakan dongeng pada anak-anak.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- "Si Kancil anak nakal, suka mencuri ketimun, ayo lekas ditangkap, jangan diberi ampun."  Itulah salah satu lirik lagu yang akrab di telinga para milenial atau anak-anak kelahiran tahun 90-an yang terinspirasi oleh dongeng  Si Kancil.

Pada momen Hari Buku Nasional yang jatuh setiap 17 Mei, penting bagi orang tua untuk mengingat kembali pentingnya membacakan dongeng pada anak-anak.

Baca Juga

Sebab, dalam dongeng ada nilai-nilai pembangunan karakter yang mampu meningkatkan daya nalar pada anak, misalnya dalam konteks Si Kancil, yang mengajarkan anak menghindari perilaku suka mencuri.

Dari kisah Si Kancil, meski ditulis dari sudut pandang yang sederhana, tetapi bisa menjadi bahan penting untuk menanamkan perilaku anti korupsi pada anak-anak.

 

Menyelami dunia imajinatif anak-anak memang tidak mudah, tetapi hal itulah yang dilakukan sehari-hari oleh seorang penulis nuku anak dengan nama pena Watiek Ideo.

Watiek Ideo nama lengkapnya Solikhatul Fatonah Kurniawati. Perempuan kelahiran tahun 1982 yang kini tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur ini,  telah menulis lebih dari 370 buku anak sejak mengawali karier di dunia kepenulisan 14 tahun yang lalu.

Di tahun 2023 yang lalu, perempuan yang akrab dipanggil Kak Watiek ini juga menerima penghargaan Anugerah Kebudayaan Indonesia tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk kategori Pelopor dan Pembaru.

Berawal dari kecintaannya pada hewan

Buku pertama yang diterbitkan oleh Watiek berjudul "Petualangan Lili dan Vino". Buku tersebut mengisahkan sosok Lili yang di dalam dunianya bisa berbicara dengan hewan-hewan.

"Memang di negerinya, si Mili bisa ngobrol bersama hewan-hewan. Mengapa saya mengusung itu? Karena saya suka dengan binatang. Jadi, kalau saya menulis, apa yang saya kuasai dan saya cintai, harapannya lebih lancar menulisnya, dan memang ternyata benar," kata dia.

Di petualangan Lili dan Vino, Lili, Vino, bersama teman-teman hewannya menemukan beberapa hal saat bermain, misalnya telur penyu, dan membantu seorang nenek yang kesulitan ketika mereka main di hutan.

Kisah-kisah sederhana tetapi....

 

 

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement