Selasa 17 Oct 2023 20:05 WIB

Viral Jalur Sepeda Warisan Anies Dibongkar Dishub DKI, Pj Heru tak Tahu

Heru Budi akan bertanya ke jajarannya terkait pembongkaran stick cone jalur sepeda.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Petugas Dishub DKI membongkar stick cone sebagao pembatas jalur sepeda di Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Prayogi
Petugas Dishub DKI membongkar stick cone sebagao pembatas jalur sepeda di Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Warganet dihebohkan dengan video viral petugas Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mencopoti stick cone di sepanjang jalur sepeda yang dibangun pada era Gubernur DKI Anies Rasyid Baswedan. Video itu pun mengundang kegaduhan di berbagai kanal media sosial (medsos).

Pasalnya, kebijakan tersebut dianggap bertolak belakang dengan rencana pemerintah menggalakkan penggunaan sepeda sebagai alternatif transportasi di masyarakat. Mendapati kontroversi itu, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku, tidak tahu-menahu pembongkaran tersebut.

Baca Juga

Dia pun bakal menanyakan langsung langkah pencopotan tanda yang terpasang di jalur sepeda kepada jajarannya. "Saya tanya dulu ke (Dishub DKI), saya belum tahu," kata Heru di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat pada Selasa (17/10/2023).

Dia menyampaikan, Pemprov DKI pada dasarnya tetap mendukung untuk diadakannya jalur sepeda. Sehingga, nantinya masyarakat bisa menggunakan jalur tersebut secara lancar. "Ya kalau jalur sepeda tidak apa-apa kan, harus ada," kata Heru.

 

 

Sebelumnya, beredar video di media sosial yang diunggah akun Tiktok bernama @imamnasserie69. Dalam video tersebut terlihat stick cone di jalur sepeda dibongkar oleh petugas Dishub DKI.

"Dibuat jalur untuk sepeda tapi sangat sedikit sepeda yang melintas. Hanya bikin macet karena jalan menyempit. Bongkar saja,” kata keterangan dalam video yang diunggah pengguna akun Tiktok @imamnasserie69 dikutip Republika.co.id pada Selasa.

Video tersebut juga viral di lini masa X setelah diunggah sebuah akun. Video mendapat tanggapan dari warganet lantaran kebijakan Dishub DKI dianggap tidak pro dengan pengguna sepeda.

 

Haura Hafizhah

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement