Senin 09 Oct 2023 22:20 WIB

Tebar Inspirasi, Relawan Crivisaya Ganjar Lestarikan Sedekah Desa di Pelosok Sumsel

Sedekah desa dilakukan dengan cara berkumpul dan makan bersama.

Tradisi Sedekah Desa di Desa Maur Lama, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumsel.
Foto: Dok. Web
Tradisi Sedekah Desa di Desa Maur Lama, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumsel.

REPUBLIKA.CO.ID, MUSI RAWAS UTARA -- Kelompok relawan Crivisaya Ganjar menggelar sedekah desa dan doa bersama yang merupakan tradisi lokal warga di Desa Maur Lama, Kecamatan Rupit, Kabupaten Musi Rawas Utara, Sumsel. Adapun, seperti dinukil dari Antara, Crivisaya Ganjar merupakan relawan yang terdiri dari Generasi Alumni Muda Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Universitas Lampung (Unila). Mereka telah melakukan deklarasi dukungan sejak pertengahan tahun ini.

Sedekah desa dilakukan dengan cara berkumpul dan makan bersama dalam satu lokasi yang sama. Setelahnya para warga melantunkan doa yang dipimpin tokoh agama setempat.

Baca Juga

“Sedekah desa dan doa bersama ini merupakan bentuk syukur terhadap rahmat dan karunia yang hadir di desa tercinta ini,” kata Rama selaku Koordinator Daerah (Korda) Crivisaya Ganjar Kabupaten Musi Rawas, seperti dinukil pada Senin (9/10/2023). 

Rama mengatakan, kegiatan ini merupakan tradisi warga Desa Maur Lama yang mesti dilestarikan. Rama menyebut sedekah desa dan doa bersama dapat memperkuat tali silaturahmi sambil melangitkan rasa syukur para warga.

Rama berharap, tradisi turun temurun ini dapat terus berlangsung untuk menjaga kekompakan dan kerukunan warga. Rama juga mendoakan warga agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan.

“Harapannya sederhana, semoga semua warga Desa Maur Lama selalu diberikan kesehatan, kesejahteraan, serta kemakmuran,” kata Rama.

Sedekah desa dan doa bersama ini pun diikuti dengan sangat antusias oleh warga Desa Maur Lama. Tampak kebahagiaan dan keriangan di wajah mereka.

Tokoh Masyarakat Desa Maur Lama, Muhammad Hasan mengapresiasi upaya Crivisaya Ganjar melestarikan tradisi desa. Hasan berharap Crivisaya Ganjar bisa terus melestarikan tradisi-tradisi lokal di daerah lainnya. 

“Kami berterima kasih kepada sukarelawan Crivisaya Ganjar yang sudah datang ke Desa Maur Lama mengadakan sedekah desa dan berdoa bersama,” kata Hasan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement