Rabu 04 Oct 2023 12:15 WIB

Viral Tanggul Laut Raksasa DKI Jakarta Bocor, Begini Respons Pemprov

Kebocoran tanggul tersebut tidak mempengaruhi aktivitas warga.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Friska Yolandha
Warga beraktivitas di area tanggul Muara Baru, Jakarta, Senin (2/1/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Warga beraktivitas di area tanggul Muara Baru, Jakarta, Senin (2/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Viral di media sosial tanggul laut raksasa di Jakarta Utara mengalami kebocoran. Menanggapi hal ini, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Ika Agustin Ningrum mengatakan tengah menyusun rencana perbaikan tanggul tersebut.

"Pemprov DKI dalam hal ini Dinas SDA sedang menyusun rencana perbaikan tanggul Nizam Zachman dan terus berkoordinasi dengan stakeholder terkait, yaitu PT Pelindo (Pelabuhan Indonesia) dan Perindo (Perikanan Indonesia)," kata Ika saat dikonfirmasi pada Rabu (4/10/2023).

Baca Juga

Ia meyakinkan kebocoran tanggul tersebut tidak memengaruhi aktivitas warga. Sebab, tanggul ini jauh dari permukiman warga.

"Saat ini kebocoran tidak terpengaruh dengan aktivitas warga karena lokasinya jauh dari permukiman warga," kata dia.

 

Ia menjelaskan, tanggul tersebut bernama tanggul Nizam Zachman yang dibangun oleh Pemprov DKI pada 2014/2015. Lalu, untuk pembagian lokasi kewenangan pengerjaan menjadi pembeda tanggul yang merupakan proyek National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) dan tanggul swasta.

"Sedangkan, tanggul Nizam Zachman tidak termasuk proyek NCICD," kata dia.

Sebelumnya diketahui, terdapat video yang beredar di media sosial yang berjudul Giant Sea Wall Jakarta yang diunggah oleh akun Instagram @Jerhemynemo. Dalam video tersebut terlihat tanggul mengalami kebocoran. 

"Tanggul Laut Raksasa Jakarta atau The Great Sea Wall of Jakarta. Tembok di Jakarta yang memisahkan air laut dan daratan supaya tidak tenggelam," kata akun tersebut dikutip pada Rabu (4/10/2023).

"Guys, tau enggak kenapa tanggul ini terkenal banget? Karena kalo enggak ada tembok ini Jakarta udah tenggelam. Jujur ini temboknya rada menyeramkan. Buktinya, ini ada masjid yang terbengkalai karena tenggelam di sebelahnya. Namanya masjid Wal Adhuna yang ada di Jakarta Utara," kata akun tersebut.

Lalu, ia menunjuk tembok yang mengalami kebocoran. "Lihat tuh ini bukan air bocor biasa, tapi ini air laut yang bocor ke daratan Jakarta. Kalian pasti ga pernah dengar kan guys ada air laut yang bocor ke Jakarta," ujarnya.

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement