Selasa 03 Oct 2023 17:31 WIB

Di Mana Mentan SYL? Dirjen Imigrasi: Belum Tiba di Indonesia Seusai Kunker ke Roma, Italia

Menurut Dirjen Imigrasi, Mentan SYL seharusnya tiba di Indonesia pada 1 Oktober 2023.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Andri Saubani
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keberadaan Mentan SYL saat ini tidak diketahui. (ilustrasi)
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL). Keberadaan Mentan SYL saat ini tidak diketahui. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Silmy Karim menegaskan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) belum tercatat tiba di Indonesia setelah melakukan kunjungan kerjanya ke luar negeri. Keberadaan SYL dipertayakan di tengah mencuatnya kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).

"Belum masuk ke Indonesia," kata Silmy Karim di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (2/10/2023). 

Baca Juga

Menurut Silmy, keberadaan Mentan SYL terakhir yakni di Roma, Italia. Hal ini terlihat dari data perlintasan dan kerja sama antarnegara. 

Mentan SYL berangkat menuju Roma, Italia pada 24 September 2023 dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Dalam perjalanannya itu, SYL terlebih dahulu transit di Doha, Qatar kemudian menuju Roma, Italia. 

SYL pun seharusnya sudah kembali pada 30 September dan tiba di Indonesia pada 1 Oktober. "Kemudian kembali lagi itu direncanakan itu kan tanggal 30, sampai di Indonesia tanggal 1, tapi di situ kita sudah cek belum termonitor di sistem bahwa yang bersangkutan sudah berada di Indonesia," jelas dia. 

Silmy mengatakan, pihaknya belum menerima surat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait penyidikan terhadap Mentan SYL.  "Saya belum dapat surat dari KPK berkaitan dengan usulan ataupun putusan berkaitan dengan kebutuhan dalam hal proses penyidikan di Komisi Pemberantasan Korupsi," kata Silmy. 

Berbicara terpisah, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly juga menegaskan Mentan SYL belum tiba di Indonesia hingga saat ini. "Belum-belum, belum masuk," kata Yasonna di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. 

Yasonna juga mengaku belum mendapatkan surat dari KPK untuk mencari keberadaan SYL. "Kita belum ada terima surat dari KPK ya. Belum," ujarnya. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement