Selasa 19 Sep 2023 19:05 WIB

Lagi-Lagi Warga Bogor Jatuh ke Sumur Akibat Hirup Gas Saat Menggali

Korban sedang melakukan penggalian sumur bersama ibu korban yang menunggu di atas.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, ditemui usai meninjau beberapa lokasi bencana alam, Senin (8/11).
Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, ditemui usai meninjau beberapa lokasi bencana alam, Senin (8/11).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Warga Kota Bogor berinisial M (46 tahun) jatuh ke sumur akibat menghirup gas saat sedang menggali sumur tersebut. M sedang menggali sumur sedalam 15 meter di kediamannya di Kelurahan Mekarwangi, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor karena mengalami kekeringan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Teofilo Patrocinio Freitas, mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Selasa (19/9/2023) pagi WIB. Saat itu, korban sedang melakukan penggalian sumur bersama ibu korban yang menunggu di atas.

“Setelah Korban berada didalam sumur, tiba-tiba badan korban merasa lemas dan tercium bau gas. Korban berteriak minta tolong dan ibu korban langsung menghubungi pihak Kelurahan Mekarwangi," kata Theo di Kota Bogor, Jawa Barat, Selasa (19/9/2023).

Tim Rescue Cepat (TRC) BPBD Kota Bogor pun bergerak cepat menuju lokasi. Theo mengatakan, TRC BPBD kemudian dibantu pihak Kelurahan Mekarwangi dan warga setempat.

Dalam video yang diterima Republika.co.id, korban dievakuasi menggunakan tali dan katrol. Korban berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat, namun kondisinya lemas. "Korban berhasil diselamatkan, hanya mengalami sesak nafas karena menghirup gas berlebih dari dalam sumur," ucap Theo.

Menurut Theo, saat ini, korban sudah dibawa ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan pertolongan lebih lanjut. "Asesmen dan koordinasi tanggap darurat serta evakuasi korban sudah selesai dilaksanakan," ujarnya.

Pada Jumat (15/9/2023), seorang penggali sumur berinisial M (65) tercebur sumur di Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Pria lanjut usia (lansia) tersebut tercebur saat sedang menggali sumur sedalam 15 meter yang terdampak kekeringan.

Komandan Regu 1 Rescue Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Iskandar, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Jumat (15/9/2023). Tim Rescue mendapat laporan itu dari pemilik rumah yang sumurnya digali oleh korban.

Iskandar menjelaskan, saat kejadian korban sedang menggali sumur lanjutan atau memperdalam. Namun, begitu turun di kedalaman sekitar lima meter, ternyata sumur tersebut mengandung gas.

"Sehingga korban kehilangan kesadaran dan terjatuh ke dasar sumur yang berkedalaman 15 meter. Warga sempat mencoba membantu mengevakuasi penggali sumur tersebut, namun belum berhasil," kata Iskandar, Jumat (15/9/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement