Selasa 19 Sep 2023 14:18 WIB

Relawan Harap Pelatihan Bika Ambon Dorong Pertumbuhan Ekonomi di Level Keluarga

Ibu-ibu digerakkan untuk bisa menambah pemasukan bagi keluarga.

Para ibu antusias mengikuti pelatihan membuat bika ambon di Jalan Mandala Dagang Krawang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.
Foto: Dok. Web
Para ibu antusias mengikuti pelatihan membuat bika ambon di Jalan Mandala Dagang Krawang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Sejumlah ibu-ibu yang tergabung dalam kelompok relawan Mak Ganjar Sumatera Utara merangkul masyarakat di Kabupaten Deli Serdang dengan menghelat agenda 'Cooking Class' dengan memberikan pelatihan membuat bika ambon makanan khas Medan.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Jalan Mandala Dagang Krawang, Kecamatan Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara. Acara tersebut mendapatkan respons positif dari segenap warga yang mengikuti pelatihan tersebut.

Baca Juga

Salah satunya yang diungkapkan oleh seorang warga bernama Ramsona Hutapea (57 tahun). Ramsona mengucapkan rasa terimakasih atas bantuan dan kepedulian Mak Ganjar dalam rangka mendorong perekonomian di level rumah tangga. "Bagus, terima kasih lah kami bilang, acaranya sangat bermanfaat," kata Ramsona, seperti dinukil pada Selasa (19/9/2023). 

Ia mengatakan, kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan oleh Mak Ganjar. Sebab, kegiatan tersebut seperti membukakan peluang bagi emak-emak dalam menyalurkan kreatifitasnya dalam memasak.

Terlebih, bika ambon seperti hidangan wajib apabila orang hendak berkunjung ke Medan. 

"Sangat bisa untuk dikembangkan karena kan bika ambon ini salah satu kue kebanggaan Sumatra Utara. Udah kemana-mana karena sering dijadikan oleh-oleh juga," ujar Ramsona.

Maka, dirinya merasa apabila terus dilatih kemampuannya bisa membuka peluang usaha rumahan untuk para emak-emak.

"Banyak ilmunya, kami pun awalnya tidak mengerti bagaimana caranya bikin bika ambon. Setelah kegiatan ini kita ada gambaran kira-kira inovasinya diarahkan kemana supaya punya peluang untuk di jual juga," kata Ramsona.

Ramsona mengaku, berkat kehadiran Mak Ganjar setidaknya membantu puluhan emak-emak yang ingin memiliki usaha rumahan tetapi terkendala akses.

Dengan demikian, Ramsona berharap Mak Ganjar bisa terus mendamping kegiatan tersebut hingga para emak-emak bisa berhasil membuka usaha di rumahnya masing-masing.

"Rangkul terus ibu-ibunya supaya bisa bangun usaha rumahan biar tetep produktif, semoga Mak Ganjar bisa kawal kami ini sampai berhasil," ujar Ramsona.

Ini bukan kali pertama kelompok serupa menggadeng ibu-ibu agar melihat peluang usaha dari dunia kuliner. Mak Ganjar Jawa Tengah kembali menggelar aksi sosial berupa pelatihan membuat camilan kepada kalangan ibu-ibu di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Kali ini, Mak Ganjar menjalin silaturahmi dan bersosialisasi dengan ibu-ibu di Desa Pasuruhan Kidul, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Selasa.

Korwil Mak Ganjar Jateng Panca Susilowati mengatakan dalam kesempatan itu pihaknya juga menggandeng ibu-ibu setempat untuk membuat camilan yang digemari semua kalangan.

 

“Pada hari ini, kami belajar bersama membuat camilan yang banyak digemari yaitu Kue Sakura,” ujar Panca, demikian dilansir dari Antara

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement