Ahad 09 Jul 2023 23:40 WIB

Edukasi Masyarakat Tebing Tinggi Soal Sujud Tilawah, Relawan Rangkul Majelis Taklim

Ini merupakan gerakan yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat sajdah.

Kelompok relawan TGS Sumatra Utara menggelar zikir dan praktik sujud tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Sabtu (8/7/2023) sore bersama Majelis Taklim Islamiyah.
Foto: Dkk. Tgs
Kelompok relawan TGS Sumatra Utara menggelar zikir dan praktik sujud tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Sabtu (8/7/2023) sore bersama Majelis Taklim Islamiyah.

REPUBLIKA.CO.ID, TEBING TINGGI -- Kelompok relawan TGS Sumatra Utara menggelar zikir dan praktik sujud tilawah di Lingkungan IV, Kelurahan Brohol, Kecamatan Padang Hulu, Kota Tebing Tinggi, Sumatra Utara, Sabtu (8/7/2023) sore bersama Majelis Taklim Islamiyah. “Kami di sini melaksanakan kegiatan edukasi keagamaan mengenai tentang praktek atau simulasi tentang sujud tilawah,” kata Koordinator Wilayah (Korwil) TGS Ganjar Sumatra Utara, Zulpi Andika.

Dalam kegiatan ini, TGS Ganjar memberikan pengetahuan seputar sujud tilawah. Salah satu Tuan Guru menyampaikan sujud tilawah merupakan gerakan yang dilakukan ketika membaca atau mendengar ayat-ayat sajdah. 

Baca Juga

Tuan Guru juga menyampaikan sujud tilawah bisa dilakukan di dalam dan luar salat. Jika dilakukan di dalam salat, sujud dilakukan mengikuti imam.

Selain memberikan pengetahuan tersebut, TGS juga mempraktikkan gerakan sujud sesuai syariat Islam.  Kemudian Tuan Guru melantunkan doa dalam sujud tilawah yang didengarkan dengan seksama oleh masyarakat.

 

“Alhamdulillah masyarakat terutama kaum ibu-ibu sangat antusias dengan kegiatan ini. Mereka senang diberikan pemahaman keagaamaan dan dipelajari,” kata Zulpi.

Pada dasarnya, Zulpi menyebut kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi sekaligus mengingatkan sesama untuk tak lupa beribadah. Sehingga pihaknya berkomitmen terus mendatangi masyarakat dan saling mengingatkan.

“Pekan ke depan kami akan mengedukasi materi-materi lain seperti sujud sahwi dan lain sebagainya. Ini akan kami terus laksanakan agar masyarakat bisa memahami konteks keilmuan ibadah seperti ini,” katanya.

Zulpi berharap ilmu-ilmu yang telah diberikan senantiasa dipraktekkan dalam ibadah sehari-hari. Sebab menurutnya, sebaik-baiknya ibadah adalah yang sempurna.

“Karena dengan itulah identitas keislaman kita semakin baik. Mudah-mudahan dengan ibadah yang baik ini akan membentuk diri menjadi hamba yang beriman dan punya akhlak mulia,” kata Zulpi.

Selain memberikan edukasi tentang salat tilawah, TGS Ganjar juga membagikan bantuan kipas angin dan tikar kepada Majelis Taklim Islamiyah. 

Ketua Majelis Taklim Islamiyah Supriyanti pun berterima kasih kepada TGS Ganjar. Supriyanti mendoakan kesehatan para Tuan Guru di TGS Ganjar dan kelancaran urusannya.

“Alhamdulillah bantuannya akan dipakai untuk setiap kegiatan dan pengajian. Kami mendoakan semoga Tuan Guru selalu sehat dan dilancarkan segala urusannya,” kata dia. 

Sebelumnya, TGS juga menggelar kegiatan melatih mambaca Al-Quran. Pemateri berpesan kepada para peserta untuk membiasakan membaca Al Quran untuk melancarkan pembacaannya.

Pelatihan itu sebenarnya tak hanya menjelaskan tentang cara membaca Al Quran yang baik dan benar, tetapi juga hikmah di balik membaca Al Quran.

“Tadi yang diajarkan itu, pertama, hikmah membaca Al Quran dalam kehidupan. Tentu, orang yang rajin membaca Al Quran dalam kehidupannya akan terlihat ketenangan dalam jiwanya,” kata sang ustadz, seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement