Sabtu 11 Nov 2023 21:52 WIB

Serahkan Alat Gamelan ke Pelaku Seni di Sumut, Ganjar Dukung Pembangunan Seni dan Budaya

Penyerahan dilakukan pada saat Ganjar menghadiri gebyar seni budaya.

Gebyar seni budaya di lapangan Tumpatan Nibung, Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.
Foto: Dok. Wev
Gebyar seni budaya di lapangan Tumpatan Nibung, Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, DELI SERDANG -- Calon presiden Indonesia, Ganjar Pranowo menyerahkan bantuan seperangkat alat musik Gamelan kepada pelaku seni di Sumatra Utara. 

Penyerahan dilakukan pada saat Ganjar menghadiri gebyar seni budaya di lapangan Tumpatan Nibung, Kec. Batang Kuis, Kab. Deli Serdang, Sumatera Utara. 

Baca Juga

"Saya serahkan ini, mudah-mudahan bisa mengembangkan seni dan budaya yang ada disini," ucap Ganjar kepada perwakilan pelaku seni, seperti dinukil pada Sabtu (11/11/2023). 

Ganjar menyatakan bahwa pembangunan bukan hanya terbatas pada fisik, tetapi juga harus mencakup aspek spiritual dan kebudayaan.

"Pembangunan tidak hanya pembangunan fisik, ada pembangunan spiritual, keagamaan, pendidikan, kesehatan, pangan, energi dibangun, tapi jangan melupakan seni dan budaya, karena sebenarnya Anda bisa melihat dengan kesenian seperti ini masyarakat berkumpul, nuansanya kebahagian ada," kata Ganjar.

Ganjar juga menekankan pentingnya pembinaan dan dukungan bagi para pelaku seni, karena melalui seni, anak-anak bisa mengekspresikan diri, menunjukkan talenta, dan mengasah kepekaan serta rasa mereka. 

Menurut Ganjar, pembangunan seni budaya diakui sebagai bagian integral dari pembangunan nasional, dan Ganjar berkomitmen untuk terus memberikan perhatian pada sektor ini demi kelanjutan kekayaan budaya Indonesia. "Jadi pembangunan seni budaya itu sangat penting sekali," ujar Ganjar.

Hadir puluhan sanggar seni dari sejumlah daerah seperti Langkat, Binjai, Medan, Serdang Bedagai hingga Simalungun dalam acara penyerahan dan gebyar seni dan budaya tersebut.

Ganjar juga sempat disuguhkan tarian Jaran Kepang. Tarian itu dipentaskan oleh ratusan penari berbakat dari Sumatera Utara. 

Mantan gubernur Jawa Tengah itu pun memuji pementasan seni yang ditampilkan dalam acara tersebut. Tariannya luar biasa, top, indah, bagus sekali," imbuh Ganjar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement