Rabu 13 Sep 2023 13:30 WIB

Business Matching PaDi UMKM Tembus Rp 55 Miliar

PaDi UMKM Binaan Telkom konsisten dukung UMKM

Leader Account Management PaDi UMKM Aswan Pradana (paling kanan) menyerahkan apresiasi kepada perwakilan BUMN dari ASDP Indonesia Ferry, AirNav, & Surveyor Indonesia pada acara Business Matching PaDi UMKM di Kota Medan beberapa waktu yang lalu.
Foto: Dok Telkom
Leader Account Management PaDi UMKM Aswan Pradana (paling kanan) menyerahkan apresiasi kepada perwakilan BUMN dari ASDP Indonesia Ferry, AirNav, & Surveyor Indonesia pada acara Business Matching PaDi UMKM di Kota Medan beberapa waktu yang lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PaDi UMKM sebagai salah satu platform digital binaan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) semakin konsisten mendukung terwujudnya ekosistem ekonomi digital di Indonesia melalui program Business Matching.

Program tersebut senantiasa membawa hasil positif, termasuk pelaksanaan terbaru di Medan dengan mengantongi omzet hingga lebih dari Rp 55 miliar dalam waktu sehari. 

Business Matching yang terselenggara di penghujung bulan Agustus 2023 lalu merupakan kegiatan keempat yang dilakukan oleh PaDi UMKM di sepanjang tahun.

“Setiap tahun di Sumatra Utara total transaksi yang tercatat di platform PaDi UMKM lebih dari Rp 270 miliar. Hari ini, Business Matching di Medan berhasil merangkum transaksi lebih dari Rp 55 miliar. Ke depan, kami berharap bisa meningkatkan potensi belanja lebih banyak lagi sehingga perekonomian UMKM di Sumatra Utara bisa naik kelas,” ujar CEO PaDi UMKM, Jimmy Karisma Ramadhan.

Sebagai produk digital di bawah naungan Leap-Telkom Digital (Leap), Business Matching yang diselenggarakan PaDi UMKM merupakan salah satu strategi untuk membantu UMKM naik kelas dengan menjembatani UMKM agar dapat bertransaksi dengan berbagai BUMN di tanah air. “Peran PaDi UMKM adalah mempertemukan pelaku usaha dengan pasar yang ada di BUMN lewat platform digital. Tetapi, kita tetap perlu mengadakan kegiatan offline seperti Business Matching ini, agar kebutuhan pasar dapat digali dan pengembangan UMKM dapat terus ditingkatkan,” ujar Direktur Digital Business Telkom Muhamad Fajrin Rasyid.

Hal senada disampaikan oleh CEO PaDi UMKM Jimmy Karisma Ramadhan, ia mengatakan bahwa dalam dua tahun terakhir transaksi UMKM di platform PaDi UMKM mengalami peningkatan hingga 2,5 kali lipat menjadi lebih dari Rp 8 triliun, dengan UMKM yang tergabung di platform PaDi UMKM tumbuh hingga lebih dari 100 ribu UMKM. 

94 BUMN juga tercatat sudah menjadikan PaDi UMKM sebagai platform digital untuk pengadaan kebutuhan kantornya. Selain itu, PaDi UMKM juga sedang memperluas jaringan pasar hingga ke luar BUMN, guna memperkuat peran UMKM dalam ekosistem ekonomi yang semakin terintegrasi. 

Sementara untuk program Business Matching telah terselenggara di banyak kota di Indonesia, yaitu di Semarang, Denpasar, Batam, Makassar, Pontianak, Padang, Balikpapan, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan terakhir di Kota Medan yang dihadiri oleh 100 partisipan dari UMKM dan perwakilan masing-masing BUMN.

Tidak hanya PaDi UMKM, Leap Telkom Digital juga memayungi produk dan layanan digital lainnya yang bisa dilihat di sini https://leap.digitalbisa.id/#products.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement