Senin 11 Sep 2023 11:52 WIB

CPNS 2023 Segera Dibuka, CEO JadiASN Beri Sejumlah Tips

Para pendaftar CPNS harus siapkan dokumen dan berlatih mengerjakan soal secara rutin.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Fuji Pratiwi
Seorang peserta menggunakan platform uji coba daring Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara berbasis website di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (10/9/2022) (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Fakhri Hermansyah
Seorang peserta menggunakan platform uji coba daring Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) Juara berbasis website di Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (10/9/2022) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- CEO JadiASN, Aditya Pratama Ghifary, memberikan sejumlah tips bagi mereka yang hendak mendaftarkan diri menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2023. Seperti diketahui, pendaftaran CPNS 2023 akan mulai dibuka pada pertengahan September.

"Para pejuang PNS ini harus mengetahui berbagai persiapan sebelum mengikuti tes CPNS. Beberapa hal yang dibutuhkan persiapan dokumen tes CPNS, mengenali jenis-jenis soal yang akan diujikan," kata Aditya melalui keterangan resmi yang diterima, Senin (11/9/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan setiap jenis soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) memiliki materi yang berbeda. Oleh karena itu, perlu memahami jenis-jenis soal agar dapat belajar efektif.

Tidak hanya itu, para pendaftar CPNS harus berlatih mengerjakan soal secara rutin. Sebab untuk membiasakan diri dengan format soal dan cara menjawabnya.

Aditya mengaku turut ingin berkontribusi untuk memudahkan pendaftar CPNS agar lulus dengan menghadirkan aplikasi JadiASN. Aplikasi yang sudah berjalan sejak 2021.

Ia mengatakan banyak yang ingin lulus menjadi CPNS tapi tidak menguasai soal-soal yang diujikan. Aditya pun awalnya membuat konten-konten tentang seputar tes CPNS hingga akhirnya membuat aplikasi tersebut yang kini sudah diakses ratusan ribu orang.

"Semua dikembalikan kepada para peserta bimbel, apakah bisa memanfaatkan semua fasilitas di aplikasi JadiASN," kata dia.

Ia mengatakan aplikasi tersebut sudah memuat fasilitas mulai dari 40 paket try out/simulasi soal CPNS, 300 paket latihan soal CPNS, tiga kali sesi live materi CPNS dengan tutor berpengalaman dan dijelaskan dengan cara cepat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement