Selasa 29 Aug 2023 20:26 WIB

Jokowi Ajak Prabowo dan Ganjar Makan Siang dan Blusukan ke Pasar Pekalongan

Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar makan siang bersama di Kota Pekalongan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau harga komoditas pangan di Pasar Grogolan Baru, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).
Foto: Dok Rusman/Biro Pers Sekretariat
Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat meninjau harga komoditas pangan di Pasar Grogolan Baru, Kota Pekalongan, Jawa Tengah, Selasa (29/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Menteri Pertahanan sekaligus bacapres Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto serta Gubernur Jawa Tengah (Jateng) sekaligus bacapres PDIP Ganjar Pranowo makan siang bersama di Pekalongan, Provinsi Jateng, Selasa (29/8/2023).

Kebersamaan ketiganya terlihat dari foto yang diunggah oleh Koordinator Staf Khusus Presiden RI, Ari Dwipayana, melalui akun Instagram-nya. Selain ketiga tokoh tersebut, juga tampak duduk bersama menikmati makan siang yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Baca Juga

Dalam foto tersebut, Ari Dwipayana menuliskan keterangan makan bersama dan memberikan tagar Jokowi, Prabowo, dan Ganjar Pranowo. Menurut Ari, momen tersebut diambil saat makan siang bersama usai pembukaan acara Muktamar Sufi Internasional di Pekalongan.

"Ini suasana makan siang setelah muktamar di rumah makan Teras Bali Kota Pekalongan," kata Ari kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/8/2023).

Dia menganggap, suasana makan siang tersebut berlangsung santai. Namun, saat ditanya apakah ada pembahasan politik saat makan siang bersama itu, Ari tak menjawabnya. "Ya lah santai," kata Ari.

Usai makan siang bersama, Ari mengatakan, Presiden Jokowi didampingi Iriana blusukan ke pasar. Kegiatan blusukan itu juga diikuti oleh Ganjar Pranowo dan Prabowo. "Setelah makan siang, Presiden didampingi Ibu Negara serta rombongan termasuk Pak Ganjar dan Prabowo 'blusukan' ke Pasar Grogolan Pekalongan," ujarnya.

Dalam foto yang diunggah, Jokowi yang mengenakan kemeja putih dan peci berwarna hitam tampak duduk di samping Mensesneg Pratikno. Jokowi duduk berhadapan dengan Prabowo. Sedangkan Prabowo duduk di samping Ganjar Pranowo.

Di meja makan juga tampak berbagai sajian makanan dan minuman. Para tokoh itu pun tampak terlihat menikmati kebersamaan saat makan siang bersama. Baik Jokowi, Pratikno, Prabowo, maupun Ganjar pun tampak tersenyum lebar.

Saat meninjau pasokan dan harga sejumlah komoditas pangan di Pasar Grogolan Baru, Kota Pekalongan, Jokowi turut didampingi Prabowo dan Ganjar. Menurut Jokowi, harga sejumlah komoditas pangan di pasar tersebut cukup baik.

"Ya biasa ke setiap kota, ke setiap kabupaten, ke setiap provinsi saya cek selalu pasar mengenai harga-harga. Saya lihat di sini baik," ujar Jokowi dalam keterangannya seusai peninjauan.

Meski demikian, Jokowi melihat masih ada sejumlah komoditas pangan yang mengalami kenaikan harga. Salah satunya adalah beras yang berdasarkan peninjauannya mengalami kenaikan harga di pasar tersebut.

"Yang sedikit naik beras, yang lain-lain saya kira banyak yang turun. Bawang merah turun, daging ayam (turun) juga, telur (turun) juga. Saya kira baik, beras saja yang sedikit naik," ungkap Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi turut memberikan bantuan sosial kepada para pedagang di Pasar Grogolan Baru. Selain itu, Jokowi dan Iriana juga tampak membeli sejumlah dagangan yang dijajakan para pedagang di Pasar Grogolan Baru. "Banyak tadi, tanya Bu Jokowi banyak itu tentengannya banyak banget," ucapnya.

Dalam peninjauan tersebut, Jokowi tampak didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, pejabat Istana, dan Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement