Selasa 22 Aug 2023 13:29 WIB

Anies Setuju dan Ganjar Menolak, Ini Respons Tim Prabowo Soal Ajakan Debat BEM UI

Tim Prabowo sebut tantangan debat BEM UI sangat baik untuk menguji gagasan capres.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan). Tim Prabowo sebut tantangan debat BEM UI sangat baik untuk menguji gagasan capres.
Foto: Ap/Adek Berry, Republika/Thody Badai
Bakal calon Presiden Prabowo Subianto (Kiri), Anies Baswedan (Tengah), Ganjar Pranowo (Kanan). Tim Prabowo sebut tantangan debat BEM UI sangat baik untuk menguji gagasan capres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) menyampaikan tantangan debat kepada Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Tantangan itu mendapat sambutan Prabowo Mania 08.

Ketua Prabowo Manisa 08, Immanuel Ebenezer mengatakan, tantangan debat seperti itu bagus. Sebab, dari debat-debat seperti itu masyarakat bisa menguji intelektual dan gagasan-gagasan sosok yang akan berkontestasi.

Baca Juga

"Bagus, tantangan itu kan ingin menguji sejauh mana intelektual mereka, sekuat apa gagasan-gagasan mereka," kata Noel kepada Republika, Selasa (22/8).

Ia berpendapat, memang sudah menjadi tugas dari mahasiswa untuk menguji mereka yang merupakan calon-calon pemimpin nasional tersebut. Serta, hak masyarakat untuk menguji kemampuan capres-capres yang akan dipilihnya.

Sejauh ini, ia mengaku memang belum mengetahui pasti jawaban Prabowo yang masih berada di AS terkait tantangan itu. Tapi, Noel berpendapat, Prabowo akan senang hati menerima tantangan-tantangan seperti itu.

"Pak Prabowo mah senang-senang saja orangnya, jangankan untuk tantangan debat, ditantang untuk apa saja saya yakin Pak Prabowo akan menerima," ujar Noel.

Meski begitu, Noel menolak mengomentari sikap dari capres-capres lain soal tantangan debat. Ia merasa, debat-debat seperti ini turut sejalan semangat Jokowi Mania atau Prabowo Mania dalam menghadapi Pilpres 2024.

Artinya, ada kontestasi visi dan misi, tidak merusak atau mengeluarkan ujaran-ujaran kebencian. Noel mengingatkan, semangat itu turut mereka lakukan saat memutuskan mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Saya tidak tahu capres-capres lain, saya cuma tahu capres yang saya dukung," kata Noel.

Sebelumnya, tantangan debat disampaikan BEM UI kepada capres-capres yang akan berkontestasi di Pilpres 2024. Tantangan disampaikan menyambut putusan MK yang kini membolehkan kampanye di tempat-tempat pendidikan.

Anies telah menjawab tantangan debat tersebut dan meminta untuk mengabarkannya. Sedangkan Ganjar meminta bersabar karena belum apa-apa sudah ditantang untuk debat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement