Ahad 13 Aug 2023 09:03 WIB

Relawan 'Kami Gibran' Sandingkan Prabowo dengan Gibran di Pilpres 2024

Relawan Kami Gibran akan menyandingkan Prabowo dengan Gibran di Pilpres 2024.

Rep: c02/ Red: Bilal Ramadhan
Prabowo-Gibran semobil di Solo. Relawan Kami Gibran akan menyandingkan Prabowo dengan Gibran di Pilpres 2024.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Prabowo-Gibran semobil di Solo. Relawan Kami Gibran akan menyandingkan Prabowo dengan Gibran di Pilpres 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Puluhan relawan atas nama 'Kami Gibran' berkunjung Solo bertepatan dengan perayaan puncak hari UMKM Nasional di Puro Mangkunegaran, Sabtu (12/8/2023) malam. 

Pantauan Republika, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming juga sempat menyambangi mereka di tengah-tengah mendampingi Menkop UKM Teten Masduki dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ia juga didampingi istrinya Selvi Ananda ketika bertemu dengan para relawan tersebut. 

Baca Juga

Dalam kunjungan tersebut mereka mengaku telah menyatakan sikap untuk mendukung Gibran maju di tingkat nasional sebagai bakal Calon Wakil Presiden (Cawapres) bagi bakal Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto.

"Enggak direncanakan kita dari Jakarta kita mau lihat kota Solo kita akan melihat perkembangan yang ada bahwa sebenarnya kan ada kemungkinan beliau untuk maju ke tingkat nasional," kata koordinator Kami Gibran, Ekayanto, Sabtu (12/8/2023).

"Pilihan kami ini mas Gibran untuk menjadi wakil presiden," kata Ekayanto. 

Ketika ditanya siapakah capres yang akan disandingkan dengan Gibran sebagai cawapres, ia mengatakan dengan tegas sosok tersebut adalah Prabowo. "Prabowo," katanya dengan tegas. 

Pihaknya menjelaskan, ormas relawan tersebut terbentuk kurang lebih sekitar 2 bulan lalu. Namun lantaran satu visi misi mereka memutuskan untuk mendukung Gibran sebagai cawapres karena merasa satu frekuensi dengan dirinya. 

"Tidak ada perubahan, memang dari awal kami mendukung beliau itu di tingkat nasional, cita-cita kami ya ada orang yang frekuensi dengan kami yang ngerti isi hati kami. Apa sih permasalahan-permasalahan kita kita dan itu bisa memberikan solusi yang konkrit gitu dan Itu kita lihat ada di sosoknya mas Wali," kata Eka.

"Nah tapi kan baru kita pikir itu, makanya kita datang ke Solo kita gada rencana ketemu beliau tadi kita datangi ke Lokananta, Masjid Raya Sheikh Zayed, dan Solo Technopark dan itu luar biasa sekali," kata dia menambahkan. 

Pihaknya menjelaskan, ada 55 orang yang datang ke Solo. Mereka sengaja datang menggunakan bus. "Sebenarnya banyak, kami fokus di Jakarta, kalau jumlahnya sampai ratusan lah," katanya.

Di sisi lain, ketika ditanya soal uji materi batas usia minimal cawapres, pihaknya yakin mahkamah konstitusi (MK) akan mengambil keputusan yang objektif. "Ya kita percayakanlah kepada putusan MK pasti bisa bersikap lebih objektif lah," katanya. 

Sementara itu, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming yang sempat bertemu dengan sejumlah relawannya atas nama Kami Gibran di tengah-tengah mendampingi Teten dan Gubernur Jawa Tengah saat mengunjungi sejumlah boot di Puro Mangkunegaran. 

"Ya meramaikan Hari UMKM Nasional. Relawan bisa datang dari mana saja. Ya gur menyapa saja," kata Gibran.

Pihaknya mengungkapkan, relawan tersebut merupakan ormas baru yang sudah menentukan arah dukungan politiknya. "Ini tim baru. Enggak (untuk tokoh politik tertentu). Sudah (menentukan dukungan). Kami dari awal sudah berprinsip. Udah tahu tujuannya," katanya. 

Kendati demikian, Gibran enggan menyampaikan arah dukungan organ baru relawannya ini. Namun, ia mengatakan kedatangan relawan tersebut karena ingin meramaikan perayaan hari nasional UMKM saja.

"Nanti saja (disampaikan). Mereka ke sini untuk mendukung UMKM. Memang pengin meramaikan. Satu bus," katanya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement