Jumat 11 Aug 2023 13:33 WIB

Analisis Nilai Dukungan Jokowi kepada Prabowo Terlihat dari Gibran

Relawan Jokowi dan Bolone Mase Gibran sudah terang-terangan mendukung Prabowo.

Menhan Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka semobil usai menghadiri acara peringatan Hari Veteran Nasional di UNS, Kamis (10/8/2023).
Foto: Republika/Alfian Choir republika
Menhan Prabowo Subianto dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka semobil usai menghadiri acara peringatan Hari Veteran Nasional di UNS, Kamis (10/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sinyal dukungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada capres Partai Gerindra Prabowo Subianto terlihat melalui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka. Hal itu tercermin kala Prabowo beberapa bertemu relawan Jokowi dan Bolone Mase Gibran Rakabuming Raka di Kota Solo, Jawa Tengah.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menyatakan, adanya pertemuan Prabowo dengan relawan Jokowi dan Gibran tersebut menjadi sebuah sinyal dukungan kuat menjelang Pilpres 2024. Menurut dia, diterimanya Prabowo di lingkup relawan Jokowi dan Gibran mengisyaratkan dukungan penuh diterima menteri pertahanan tersebut.

Baca Juga

"Ini adalah bentuk sinyal dukungan restu Jokowi kepada Prabowo," kata Ujang ketika dihubungi wartawan di Jakarta, kemarin. Belum lagi, Gibran selalu mendampingi Prabowo setiap kunjungan ke Solo, termasuk dalam peringatan Hari Veteran Nasional (Harvetnas) di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Kamis (11/8/2023).

Analisis politik Universitas Al-Azhar Jakarta tersebut melihat keakraban dan kebersamaan yang diperlihatkan relawan Jokowi dan Gibran kala bertemu Prabowo memang menandakan hal positif. Ujang pun meyakini Prabowo terus didorong oleh keluarga besar Presiden Jokowi untuk meneruskan kepemimpinan Indonesia selanjutnya.

"Saya melihat soal Prabowo joget dengan relawan Gibran dan Jokowi ya ini merupakan bentuk keakraban dan dukungan Jokowi dan keluarga Jokowi kepada Prabowo. Ini kelihatannya semakin jelas arah-arah dukungannya Jokowi," ucap Ujang.

Berdasarkan kepada survei Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo sukses bertengger di peringkat pertama dengan suara sebesar 36,8 persen. Hal itu disusul capres PDIP Ganjar Pranowo dengan 35,7 persen dan capres Koalisi Perubahan, Anies Rasyid Baswedan 21,5 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement