Senin 07 Aug 2023 15:06 WIB

Lahan Pasar Senen Blok VI Mangkrak Dipenuhi Semak Belukar

Lahan revitalisasi Pasar Senen Blok VI kini mangkrak dan dipenuhi semak belukar.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Kondisi Pasar Senen Blok VI di Jakarta Pusat yang mangkrak selama bertahun-tahun, Senin (7/8/2023).
Foto: Eva Rianti/Republika
Kondisi Pasar Senen Blok VI di Jakarta Pusat yang mangkrak selama bertahun-tahun, Senin (7/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Revitalisasi Pasar Senen Blok VI mangkrak selama bertahun-tahun. Bangunan yang telah dibongkar kini dipenuhi oleh semak belukar, sementara para pedagang tertatih-tatih bertahan di tempat penampungan sementara (TPS) selama sekitar lima tahun. 

Pengamatan Republika.co.id di lokasi Pasar Senen Blok VI pada Senin (7/8/2023), letaknya berada di Jalan Pasar Senen, sebelah kanan Terminal Senen. Dari luar jalan, terlihat kondisinya ditutup oleh seng. Ada pintu masuk berukuran sekitar 5 meter untuk mengakses ke dalam, yang di kanan kiri pintu seng itu terdapat banyak koper barang dagangan pedagang. 

Baca Juga

Saat masuk ke dalam, tampak hanya lahan yang lapang, dipenuhi semak belukar dan sejumlah pohon. Terlihat ada satu unit alat pemancang tiang yang teronggok bersama dengan satu unit ekskavator. 

Di satu sisi, seng terlihat backdrop yang sudah usang, pudar, dan robek bertuliskan 'Sedang Dibangun Pasar Senen Blok VI' dengan gambar desain modern, juga tulisan 'Pasar Jaya' sebagai BUMD yang mewadahi perpasaran di Jakarta dan 'JHS' sebagai kontraktor pemancang dalam proyek revitalisasi pasar tersebut. 

Berdasarkan informasi yang diperoleh, pasar tersebut telah dibongkar sejak beberapa tahun yang lalu. Kemudian di lahan tersebut baru dipasang pancang atau fondasi, lantas mangkrak begitu saja hingga saat ini. 

Sebelumnya diketahui, sejumlah pedagang Pasar Senen Blok VI, Jakarta Pusat melakukan aksi demonstrasi di Balai Kota di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (2/8/2023). Mereka menuntut agar Pemprov DKI Jakarta segera merealisasi revitalisasi Pasar Senen Blok VI. 

"Kita mau minta kepada pj (penjabat) gubernur DKI Jakarta agar pasar kita dibangun (direvitalisasi), soalnya kita sudah lima tahun di penampungan," kata Koordinator Pendemo Reinhard Panjaitan kepada wartawan di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (2/8/2023). 

Para pedagang di Pasar Senen Blok VI menahan diri di tempat penampungan sementara selama bertahun-tahun. Awal mulanya, para pedagang dipindahkan ke penampungan oleh PD Pasar Jaya sebagai bagian dari rencana untuk segera membangun revitalisasi pasar. 

Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking Pasar Senen Blok VI itu pada Maret 2021 yang silam, dan dijanjikan rampung pada Kuartal II 2022. Namun, kenyataannya hingga sekarang masih mangkrak. 

"Waktu itu dijanjikan oleh Gubernur Anies Baswedan bahwa di penampungan kami hanya 2 tahun, tahu-tahu sudah lima tahun ini," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement