Senin 08 Apr 2024 10:55 WIB

Tinjau Arus Mudik di Stasiun Pasar Senen, Jokowi: Tahun Ini Lebih Bagus

Mudik dari Pasar Senen terpantau lancar.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Lida Puspaningtyas
Presiden Jokowi usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Ia didampingi Menhub Budi Karya Sumadi.
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi usai meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Ia didampingi Menhub Budi Karya Sumadi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau arus mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). Dalam peninjauannya, Jokowi menilai arus mudik di Stasiun Pasar Senen pada tahun ini sudah terkelola dengan baik.

Menurutnya, tidak ada antrean yang berdesakan dari para penumpang yang akan berangkat ke kampung halaman dari Stasiun Pasar Senen.

Baca Juga

"Semuanya saya melihat semuanya rapi, terkelola dengan baik sampai di atas kereta juga saya lihat rapi, baik, tidak ada yang berdesak-desakan. Semuanya baik di Stasiun Pasar Senen, semuanya baik," kata Jokowi di Stasiun Pasar Senen, Senin (8/4/2024).

Ia pun menyoroti arus mudik di Pelabuhan Merak yang membutuhkan penanganan lebih baik. Begitu juga di Pelabuhan Ciwandan, Cilegon, Banten yang digunakan oleh para pemudik motor.

Menurut Menteri Perhubungan Budi Karya, kata Jokowi, semua permasalahan telah dicarikan solusinya.

"Dan melihat secara umum, sedikit yang perlu penanganan lebih fokus yaitu di Merak, utamanya yang berkaitan dengan yang naik sepeda motor di Ciwandan. Tapi tadi minta penjelasan ke Menteri Perhubungan ya semuanya sudah dicarikan solusi," ujarnya.

Jokowi menilai, jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, pelaksanaan mudik pada tahun ini masih jauh lebih bagus. Salah satunya terlihat tidak ada antean panjang baik di stasiun, bandara, maupun terminal.

"Kalau dibandingkan dengan tahun-tahun lalu, saya kira tahun ini jauh lebih bagus. Saya enggak melihat ada antrian yang sangat terlalu panjang atau yang di airport atau di stasiun, atau di terminal yang begitu ramai dan berdesak-desakan saya lihat ndak ada," jelasnya.

Ia pun meminta agar manajemen yang baik dapat terus dilanjutkan dan berbagai masalah kecil harus segera diselesaikan.

"Saya kira apa perencanaan yang rapi akan memunculkan sebuah pelaksanaan yang baik. Saya kira diorganisasi (organisir) dengan sangat baik. Semua yang terlibat," ujar Jokowi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement