Jumat 14 Jul 2023 18:15 WIB

Hadiri Gernas BBI, Wagub: Ayo Kunjungi Kalteng

Gernas BBI mempromosikan wasita sekaligus membangkitkan perekonomian Kalteng.

Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo hadiri acara Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng.
Foto: Pemprov Kalteng
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo hadiri acara Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo hadiri acara Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng yang berlangsung di GPU Tambun Bungai Palangka Raya, Jumat (14/7/2023). 

Acara yang mengusung tema “Hayu Maja Kan Kalteng” atau “Ayo Kunjungi Kalteng” ini dibuka secara resmi dengan menabuh alat musik Katambung. Dalam sambutannya Wagub mengatakan Pemprov Kalteng sangat menyambut baik dan bersyukur acara Opening Ceremony dan Harvesting Gernas BBI dan BBWI Kalteng bisa dilaksanakan di tahun 2023 ini. 

Baca Juga

“Saya memberikan apresiasi yang besar kepada Bank Indonesia danKementerian/Lembaga terkait yang mendukung penuh kegiatan ini, dalam rangka mempromosikan Provinsi Kalimantan Tengah sebagai salah satu tujuan wisata sekaligus untuk membangkitkan perekonomian masyarakat Kalimantan Tengah,” kata Wagub dalam siaran persnya.

Wagub menambahkan, semenjak pandemi Covid-19 kegiatan-kegiatan perekonomian mengalami kendala dan penurunan. Namun dengan adanya kegiatan Gernas BBI dan BBWI ini, Wagub berharap dapat membangkitkan perekonomian di Kalteng.

photo
Wakil Gubernur Kalteng Edy Pratowo hadiri acara Opening Ceremony dan Harvesting Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) Kalteng. - (Pemprov Kalteng)

 

Pada kesempatan yang sama, Menteri Koperasi dan UKM RI TetenMasduki mengungkapkan berkat kerja sama dan koordinasi yang baik, Gernas BBI sudah menumbuhkan dan melahirkan banyak kemajuan semangat.

“Bukan hanya semangat Pemerintah untuk membelanjakan 40 persen APBN/APBD, tapi masyarakat juga sudah mulai tumbuh kecintaan untuk membeli dan mengkonsumsi produk dalam negeri/produk UMKM, dengan begitu kita optimis ke depan ekonomi kita semakin kuat,” ucapnya.

Ia juga menyampaikan Indonesia memiliki produk wastra dan kuliner yang bagus dan beragam. “Namun di saat yang bersamaan kita perlu meningkatkan kualitas lapangan pekerjaan kita, karena 97 persen lapangan kerja disediakan oleh usaha mikro. Presiden juga minta agar kita segera melakukan hilirisasi,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengutarakan acara GERNAS BBI dan BBWI tahun 2022 lalu tidak seramai tahun ini. “Saat ini Provinsi Kalimantan Tengah mengalami kemajuan yang pesat,” katanya.

Perry juga memberikan apresiasi kepada UMKM Kalteng yang ikut berpartisipasi pada acara GERNAS BBI dan BBWI. “Sebagai bentuk apresiasi, saya ikut mempromosikan produk UMKM unggulan Bank Indonesia di Kalimantan Tengah,” ujarnya.

Perry menyebut ia bangga dengan Provinsi Kalteng yang mengalami kemajuan pesat khususnya di sektor UMKM. “Saya bangga membeli dan memakai produk UMKM Kalimantan Tengah,” katanya.

Perry menambahkan, ada tiga inspirasi Kalteng yang ingin ia sampaikan yaitu: pertama, ekonomi rakyat memajukan bangsa; kedua, kekuatan untuk berinovasi memajukan ekonomi rakyat dan ekonomi bangsa; ketiga, memperkuat sinergi menjadi kekuatan rakyat dan kekuatan bangsa. “Mari kita terus beli buatan Indonesia, berwisata Indonesia dan kendalikan harga,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang diwakili Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Odo RM Manahutu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang diwakili Deputi Bidang Pemasaran Ni Made Ayu Marthini, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng Abdul Razak, para Bupati dan Wali Kota se-Kalteng.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement