Kamis 06 Jul 2023 23:34 WIB

Kisah Haru Rafi'i, Anak Kuli Bangunan yang Lulus Jadi Polisi di Kalteng

Ayah Rafi'i mengaku bahagia melihat anaknya lulus tanpa biaya sepeser pun.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Topi polisi (ilustrasi). Seorang anak kuli bangunan bernama Muhammad Rafi'i lulus menjadi polisi.
Topi polisi (ilustrasi). Seorang anak kuli bangunan bernama Muhammad Rafi'i lulus menjadi polisi.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Seorang anak kuli bangunan bernama Muhammad Rafi'i lulus menjadi polisi. Pemuda yang tinggal di Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, ini lulus menjadi seorang polisi seusai mengikuti pelantikan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Kalteng.

Setelah menghadiri pelantikan anaknya di SPN Polda Kalteng, Kabupaten Pulang Pisau, Kamis (6/7/2023), Restu (ayah Muhammad Rafi'i) mengatakan sangat bangga melihat anaknya menjadi seorang polisi berpangkat brigadir dua (bripda) terlihat yang gagah dan berwibawa. "Saya sangat bahagia dan bangga karena Rafi'i mendaftar menjadi anggota kepolisian tanpa biaya sepeser pun, bahkan mendaftar satu kali saja langsung diterima," kata sang ayah yang hadir dalam pelantikan di SPN Polda Kalteng bersama sang ibu.

Baca Juga

Dia berterima kasih kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, Kapolda Kalteng Irjen Pol Nanang Avianto, dan Kepala SPN karena cita-cita sang anak tercapai. "Semoga anak saya ini menjadi polisi yang selalu rendah hati dan dekat dengan masyarakat, apalagi dia berasal dari keluarga yang tidak mampu," ujarnya.

Kabid Humas Polda Kalteng Kombes Pol Erlan Munaji menyebutkan 256 calon siswa resmi menjadi polisi berpangkat bripda di SPN Polda Kalteng. Pelantikan Bintara Polri itu dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Kalteng Kombes Pol Ady Soeseno di lapangan SPN Polda Kalteng. Pelantikan tersebut juga dihadiri oleh pejabat utama Polda Kalteng dan orang tua siswa.

 

"Keberhasilan dalam mengikuti dan menyelesaikan pendidikan merupakan anugerah Allah SWT. yang harus senantiasa disyukuri. Keberhasilan ini tidak lepas dari doa dan dukungan keluarga, terutama orang tua," katanya.

Disebutkan pula beberapa arahan yang harus dipedomani dan dilaksanakan oleh para bintara remaja Polri, yaitu tingkatkan selalu keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pedoman dalam kehidupan dan pelaksanaan tugas. Selain itu, kata dia, pegang teguh dan amalkan nilai-nilai Tribrata dan Caturprasetia dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan Bhayangkara serta jaga nama baik Polri dan junjung tinggi Panji Tribrata.

"Senantiasa bangun komunikasi positif dan santun dengan masyarakat serta perkuat soliditas dengan rekan-rekan TNI, pemerintah daerah, dan komponen bangsa lainnya guna memelihara stabilitas kamtibmas yang kondusif," kata Erlan Munaji.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement