Senin 03 Jul 2023 15:18 WIB

Menteri PUPR: Anggaran Renovasi JIS Kemungkinan dari Pemprov DKI

Menteri Basuki mengaku belum mendapatkan tugas untuk merenovasi JIS.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.
Foto: Kementerian PUPR
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah akan merevitalisasi 22 stadion di Indonesia, termasuk Jakarta International Stadium (JIS) untuk digunakan sebagai venue Piala Dunia U-17 2023. Ajang tersebut berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023. JIS dipilih karena Stadion Gelora Bung Karno jadi lokasi konser Coldplay pada 15 November 2023.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono menjelaskan, pihaknya baru akan bertemu dengan Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk membahas terkait revitalisasi JIS. "Besok (Selasa) pagi baru kami ketemu Pak Menteri BUMN dengan Pj di kantor saya," kata Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Terkait anggaran yang akan digunakan untuk renovasi JIS, Basuki menyebut, kemungkinan akan menggunakan anggaran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Pembahasan anggaran ini juga akan dilakukan pada pertemuan esok. "Kalau JIS belum, mungkin dari DKI," katanya.

Basuki mengaku belum mendapatkan tugas untuk merenovasi JIS. Karena itu, Kementerian PUPR belum menyiapkan anggaran untuk renovasi stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut. "Yang lain-lainnya, yang 22 itu, yang kemarin dievaluasi akhirnya ada diprogramkan, termasuk yang kita cek yang dulu U-20 sudah disiapkan, kalau JIS, kami belum ditugaskan untuk itu," jelas Basuki.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo menjelaskan, JIS merupakan salah satu stadion yang akan direvilitasasi. Selain JIS, juga ada 22 stadion lainnya di Indonesia yang akan direnovasi.

"Itu judulnya bukan renovasi JIS, jadi renovasi revitalisasi 22 stadiun di Indonesia. JIS salah satunya yang akan kita optimalisasikan," kata Dito di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta pada pekan lalu.

Rencananya, kata Dito, PSSI akan meninjau JIS dalam waktu dekat. Renovasi JIS dilakukan pada akses masuk dan juga akses parkir.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menyampaikan masih akan menunggu kedatangan FIFA untuk berkunjung ke Indonesia guna meninjau kelayakan stadion yang akan digunakan untuk Piala Dunia U-17 2023. Pemeriksaan juga akan dilakukan di JIS sebelum dilakukan renovasi.

"Nomor 1 FIFA nanti dateng ngecek stadion mana yang memang sesuai standarnya itu satu. Kedua sebelum FIFA datang, kita akan lakukan pengecekan gitu kan. Ya kita lihat," kata Erick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement