Ahad 02 Jul 2023 19:49 WIB

Puan Maharani Sindir Polri: Jangan Tebang Pilih Tangani Kasus Hukum

Ketua DPR Puan Maharani meminta Polri jangan tebang pilih tangani kasus hukum.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Ketua DPR Puan Maharani meminta Polri jangan tebang pilih tangani kasus hukum.
Foto: Republika/Nawir Arsyad Akbar
Ketua DPP PDIP, Puan Maharani. Ketua DPR Puan Maharani meminta Polri jangan tebang pilih tangani kasus hukum.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR Puan Maharani mengucapkan selamat HUT ke-77 Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri). Ia berharap Polri makin profesional dan terus bekerja memberi pelayanan terbaik bagi rakyat.

Di momen Hari Bhayangkara, Polri pun diminta melakukan evaluasi terhadap kinerja-kinerjanya selama ini. Khususnya, dalam satu tahun terakhir, ketika institusi tersebut sangat disorot publik.

Baca Juga

"Polri harus segera berbenah dan tingkatkan pengawasan internal sehingga dapat lebih maksimal dalam memberi pelayanan kepada rakyat," ujar Puan lewat keterangannya, Sabtu (1/7/2023).

Ia juga meminta Polri tegas dan tidak tebang pilih dalam menangani kasus hukum. Termasuk pada kasus yang melibatkan anggotanya sendiri.

 

Tentunya hal tersebut membutuhkan komitmen dari dalam tubuh Polri sendiri. DPR percaya kepercayaan publik terhadap institusi tersebut akan kembali meningkat.

"Dengan kredibilitas dan transparansi tinggi dalam setiap pengusutan kasus, kepercayaan publik yang sempat turun terhadap Polri akibat sejumlah kasus internal dapat kembali meningkat," ujar Puan.

Polri harus terus profesional menjalankan fungsi, tugas pokok dan kewajibannya. Dalam hal ini, Polri harus mampu memelihara keamanan serta ketertiban masyarakat, menegakkan hukum, memberi perlindungan, pengayoman, serta pelayanan kepada masyarakat.

"Tingkatkan kedisiplinan dan profesionalitas dalam melayani dan menjaga keamanan masyarakat," ujar Puan.

Polri dinilai mampu kembali bersinar setelah sempat diterjang badai belakangan ini. Ia pun meminta masyarakat percaya, masih banyak personel Polri yang berdedikasi dalam memberikan pengabdiannya untuk rakyat dan negara.

"Dengan soliditas dan kerja sama dari seluruh anggotanya, Polri pasti bisa kembali hebat dan berjaya," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement