Jumat 23 Jun 2023 10:19 WIB

Telkom University Bangun Kampus di Surabaya dan Purwokerto

Proses pembangunan dua kampus tersebut masih dalam proses persiapan dan perencanaan.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Gita Amanda
Telkom University berencana membangun kampus baru di wilayah Surabaya dan Purwokerto. (ilustrasi).
Foto: Telkom
Telkom University berencana membangun kampus baru di wilayah Surabaya dan Purwokerto. (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Telkom University berencana membangun kampus baru di wilayah Surabaya dan Purwokerto setelah memiliki kampus di Jakarta. Pembangunan dua kampus tersebut masih dalam proses, yakni persiapan dan perencanaan.

Direktur Sekretariat dan Perencanaan Strategis Telkom University, Anisah Firli, mengatakan Telkom University tengah mempersiapkan rencana membangun kampus di dua tempat yaitu Surabaya dan Purwokerto. Dua kampus yang akan dibangun dan akan dikelola sebelumnya adalah institut yang berada satu naungan yayasan.

Baca Juga

"Rencana strategis Telkom University, sekarang masih dalam persiapan. Kemarin baru menyatu (institut) di Jakarta, ini tahun pertama. Surabaya dan Purwokerto bertahap dua tahun ke depan bergabung," ucap dia, Jumat (23/6/2023).

Ia mengatakan kampus Telkom University yang berada di Surabaya dan Purwokerto akan fokus di bidang riset dan inovasi. Penentuan program studi di dua kampus tersebut disesuaikan dengan kekhasan masing-masing daerah. "Di Surabaya kental maritim, kita di sana fokus itu. Purwokerto fokusnya ke agribisnis. Namun, tidak menutup kemungkinan berkembang lebih jauh," kata dia.

Anisah melanjutkan terdapat beberapa program studi di dua tempat tersebut yang sama dengan di Telkom University, Bandung. Namun, terdapat program studi yang berbeda antara kampus pusat dan daerah.

"Di Purwokerto ada program studi teknik pertanian yang tidak ada di Telkom University. Memang mayoritas sesuai kebijakan pemerintah, begitu ada program studi di daerah maka akan dibuka juga di pusat mungkin ada teknologi pertanian," jelas dia.

Pengembangan kampus di dua tempat tersebut, ia mengatakan berdasarkan potensi pengembangan pendidikan yang bagus. Selain itu, dua kampus di Surabaya dan Purwokerto yang akan bergabung menjadi Telkom University berada dalam satu naungan. "Telkom University ingin memberikan kualitas yang merata," kata dia.

Ia mengatakan kampus Telkom University di Jakarta diantaranya terdapat empat program studi. Termasuk di di Surabaya dan Purwokerto.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement