Senin 12 Jun 2023 20:25 WIB

Ini Jawaban Anies Saat Ditanya Kapan Cawapresnya Diumumkan

Sudirman Said mengaku pemilihan cawapres Anies sudah mendekati final.

Rep: C02/ Red: Agus raharjo
Bakal Calon Presiden (Capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan, Anies Rasyid Baswedan, menghadiri acara Halal Bi Halal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bogor di GOR Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Ahad (11/6/2023).
Foto:

Sebelumnya, anggota Tim 8 yang mewakili Anies Baswedan Sudirman Said, menegaskan bahwa sejauh ini semua anggota Koalisi Perubahan dan Persatuan selalu menggunakan Piagam Kerja Sama sebagai pedoman. Proses pemilihan pasangan Anies Baswedan telah mendekati final.

Dijelaskan Sudirman, Piagam Kerja Sama Tiga Partai bertanggal 14 Pebruari 2023 antara lain menyatakan bahwa calon presiden Anies Rasyid Baswedan diberi mandat untuk memilih dan menetapkan calon wakil presiden sebagai pendamping dalam Pemilu 2024 nanti.  

“Sejauh ini suasana dalam rapat-rapat Tim 8 yang merupakan wakil resmi dari partai-partai dan Capres, selalu kondusif, saling suport, dan saling percaya. Tidak ada suasana memaksakan kehendak, termasuk dalam membicarakan opsi-opsi bakal calon pasangan Pak Anies,” kata Sudirman, dalam siaran pers, Sabtu (10/6/2023).

Ia menjelaskan bahwa proses pemilihan pasangan telah mendekati final. Partai-partai sejak awal telah bersepakat memberikan mandat kepada Capres pilihannya. Karena itu tidak mungkin ada yang bisa memaksakan harus dengan nama tertentu, atau apriori menolak nama tertentu.

"Kami syukuri, kesepakatan ini menjadi jalan keluar yang dapat menghindari kebuntuan,” ujar Sudirman Said.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement