Ahad 11 Jun 2023 13:04 WIB

Rencana Layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta Terus Dimatangkan

Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus dimatangkan

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Bilal Ramadhan
Bus Transjakarta menjemput penumpang di halte. Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus dimatangkan.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Bus Transjakarta menjemput penumpang di halte. Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus dimatangkan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta saat ini terus dimatangkan. Pembahasan sudah dilakukan dan terakhir pada Jumat (9/6/2023). Pertemuan dilakukan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dan Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza.

“Rencana layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta telah melalui pembahasan beberapa kali antara AP II selaku pengelola bandara dengan Dinas Perhubungan Pemprov DKI Jakarta, Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) dan PT Transportasi Jakarta,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (10/6/2023).

Baca Juga

Dia menjelaskan, layanan bus Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta menargetkan para pekerja di seluruh instansi yang ada di bandara. Awaluddin berterima kasih kepada seluruh pihak yang bersama-sama mengkaji kemungkinan layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza mengatakan, layanan Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta tentunya akan dilengkapi dengan perizinan rute yang dilayani. Transjakarta di Bandara Soekarno-Hatta juga dipastikan memenuhi standar layanan minimum, termasuk terkait dengan headway atau selisih antarwaktu keberangkatan bus.

“Lauanan bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta nantinya menjadi satu kesatuan ke dalam jaringan operasional dan konektivitas Transjakarta,” ujar Welfizon.

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Dwi Ananda Wicaksana menuturkan, telah dilakukan survei dengan responden para pekerja di bandara. Khususnya serveinuntuk mendapatkan masukan rute mana yang nantinya dilayani oleh bus Transjakarta.

“Agar kebutuhan layanan rute yang tepat sasaran dan juga memertimbangkan waktu tempuh,” ujar Dwi.

Dwi menjelaskan, kajian secara peraturan juga dilakukan mencakup mengenai trayek, rute, dan hal-hal lainnya. Hal tersebut dilakukan agar operasional bus Transjakarta tetap sesuai regulasi yang berlaku.

Seluruh layanan di Bandara Soekarno-Hatta, termasuk transportasi publik harus mematuhi dan memenuhi semua regulasi. “Dalam waktu dekat akan dilakukan simulasi operasional bus Transjakarta dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta,” kata Dwi.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement