Rabu 26 Jul 2023 19:32 WIB

Uji Coba Bus Transjakarta Terminal Kalideres-Soetta Diperpanjang

Pemprov DKI belum menentukan tarif Transjakarta Kalideres-Soetta

Rep: Haura Hafidzah/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Bus Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten berhenti di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (8/7/2023).
Foto: Republika.co.id/Mgrol149
Bus Transjakarta rute Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten berhenti di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (8/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta (Soetta) sudah diuji coba selama dua pekan. Seharusnya pihak Pemprov DKI sudah mengevaluasi dan menentukan tarif. Namun, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono menambah uji coba rute baru tersebut selama satu pekan.

"Ya ditambah seminggu lagi," kata Heru di Jakarta pada Rabu (26/7/2023).

Ia mengaku juga belum menentukan tarif bus rute baru tersebut. "Ya lagi dihitung," kata dia.

Sebelumnya diketahui, uji coba layanan bus Transjakarta rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno-Hatta dilakukan hari ini (5/7/2023). Heru pun menjajal bus Transjakarta tersebut dari Terminal Kalideres sampai Bandara.

Berdasarkan pantauan Republika.co.id, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Heru Budi Hartono sampai di Bandara Soetta pada pukul 08.17 WIB. Ia bersama Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo dan Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen. Lalu, ia bertemu dengan wartawan dan memberikan penjelasan tentang bus Transjakarta Kalideres ke Bandara.

Pemprov DKI Jakarta berkomitmen untuk melayani masyarakat DKI Jakarta yang bekerja di sekitar bandara, melayani masyarakat yang memang pulang pergi adalah di wilayah Bandara dan kembali ke rumah mereka di Jakarta. Jadi, melayani seluruh masyarakat yang memang hari-hari ataupun pada saat tertentu mereka berkepentingan menuju Soekarno-Hatta," kata Heru di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, pada Rabu (5/7/2023).

Kemudian, ia melanjutkan rute bus Transjakarta ini dimulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. Begitu juga sore hari pukul 18.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. "Kalau ditanya melayani siapa? Semua, masyarakat," kata dia.

Ia menambahkan, tujuan akhir secara bertahap adalah tentunya untuk mengurangi kemacetan lalu lintas dan melayani masyarakat DKI Jakarta dan sekitarnya. "Supaya mereka nyaman melakukan kegiatan sehari-hari," ujar dia.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan bahwa rute baru bus Transjakarta tujuan Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Provinsi Banten mulai diuji coba pada Rabu (5/7/2023). Jadwal itu mundur dari rencana sebelumnya yang bakal dilakukan pada Selasa (4/7/2023), karena ada agenda mendadak.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement