Selasa 16 May 2023 15:03 WIB

Membanggakan! Mahasiswa UM Sumbang Medali Emas di Ajang SEA Games 2023

Mahasiswa UNM yang juga atlet timnas gulat akan ikuti persiapan kualifikasi PON 2024

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Lulut Gilang Saputra mendapatkan medali emas dalam ajang SEA Games 2023 cabang olahraga gulat kategori 87 kilogram (kg) putra di Kamboja.
Foto: Dokumentasi Pribadi/Lulut Gilang
Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Lulut Gilang Saputra mendapatkan medali emas dalam ajang SEA Games 2023 cabang olahraga gulat kategori 87 kilogram (kg) putra di Kamboja.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Prestasi membanggakan kembali disumbangkan oleh generasi muda Indonesia di ajang SEA Games 2023 Kamboja. Kali ini prestasi tersebut hadir dari salah satu mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Lulut Gilang Saputra.

Lulut berhasil mendapatkan medali emas di SEA Games Kamboja cabang olahraga gulat pada men's grego 87 kilogram. Raihan ini didapatkannya setelah mengalahkan pegulat asal Vietnam. "Yang mana lawan saya sudah dua kali mendapatkan emas di SEA Games Filipina dan Kamboja," kata mahasiswa PPG Prajabatan Jurusan PJOK di UM tersebut saat dihubungi Republika, Selasa (16/5/2023). 

Lulut mengaku sangat bersyukur dan senang sekali karena mampu mendapatkan medali emas di ajang tersebut. Sebab, dia tahu bahwa capaian tersebut tidak mudah didapatkan karena membutuhkan perjuangan keras dan pengorbanan yang besar. Dia bersyukur Allah SWT telah memberikan hasil terbaik untuknya.

Selain itu, Lulut juga mengaku ini merupakan kemenangan pertama kalinya yang berhasil diraih di ajang sekelas SEA Games. Oleh karena itu, raihan tersebut menjadi nilai tersendiri bagi pria berusia 27 tahun tersebut.

Sebelumnya, Lulut pernah memenangkan kejuaraan gulat Asia Tenggara yang dilaksanakan di Kamboja pada Desember 2022. Kemudian pada 2021, ia juga sempat meraih medali emas pada ajang PON Papua di kategori yang sama.

photo
Pegulat putra Indonesia Lulut Gilang Saputra (kiri) mengunci posisi pegulat Vietnam Dinh Hieu Nghiem (kanan) saat pertandingan gulat gaya Yunani Romawi (Greco Roman) 87 kilogram putra SEA Games 2023. 

 

Adapun mengenai persiapan SEA Games 2023, Lulut mengatakan, telah melaksanakan training center (TC) pelatnas pada awal Februari hingga saat ini. Lalu pada pertengahan Maret, tim cabang olahraganya sempat melakukan TC di Daegu, Korea Selatan selama 21 hari. Kemudian pulang satu pekan di Jakarta lalu menuju ke Kamboja untuk SEA Games kali ini.

Dengan adanya capaian ini, bukan berarti Lulut tidak memiliki target kemenangan lainnya. Dia mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat akan mengikuti persiapan prakualifikasi PON yang bakal dilaksanakan pada September mendatang. Setelah itu, dia juga harus berusaha mengikuti ajang PON Aceh-Sumut 2024 dan SEA Games di Thailand.

Pada kesempatan tersebut, Lulut juga tidak lupa memberikan motivasi kepada generasi muda yang sedang berjuang meraih prestasi olahraga. Menurut dia, yang perlu dilakukan saat ini adalah bekerja sekeras mungkin dan berjuang sekuat tenaga serta selalu berdoa meminta kepada Allah. "Serahkan semuanya kepada Allah, masalah hasil itu insya Allah tidak akan jauh dari apa yang kita perjuangkan," kata pria asal Magetan tersebut.

Sebagai informasi, saat ini Indonesia berada di peringkat ketiga dalam ajang SEA Games 2023 di Kamboja. Indonesia mampu mengumpulkan 238 medali, baik emas, perak, dan perunggu. Perinciannya, yakni 76 medali emas, 69 medali perak, dan 93 medali perunggu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement