Kamis 11 May 2023 12:49 WIB

Lima Legislator Petahana PDIP tak Jadi Caleg Lagi, Mulai dari Prasetyo Hingga Cinta Mega

Lima legislator petahana PDIP tak menjadi caleg lagi seperti Prasetyo dan Cinta Mega.

Rep: Eva Rianti/ Red: Bilal Ramadhan
Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Lima legislator petahana PDIP tak menjadi caleg lagi seperti Prasetyo dan Cinta Mega.
Foto: Antara/Muhammad Adimaja
Ketua DPRD Provinsi DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi. Lima legislator petahana PDIP tak menjadi caleg lagi seperti Prasetyo dan Cinta Mega.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebanyak lima orang petahana atau incumbent anggota DPRD DKI Jakarta dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tidak kembali mencalonkan diri sebagai calon legisltif (caleg) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kelima petahana tersebut, yakni Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi, anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta Syahrial, dan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Indrawati Dewi. Lalu, anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta Steven Setiabudi Musa dan anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Cinta Mega.

Baca Juga

"Betul (ada lima petahana), tidak mencalonkan kembali dengan berbagai alasan. Pertama, Ketua DPRD DKI Jakarta (Prasetyo) beliau tidak mencalonkan lagi di anggota DPRD DKI, tapi beliau naik kelas tahun 2024. Iya (Syahrial) juga," kata Sekretaris DPD PDIP DKI Jakarta Gembong Warsono kepada wartawan, Kamis (11/5/2023).

Adapun, Steven dan Indrawati disebut tidak lagi mencalonkan diri sebagai bacaleg karena masalah kesehatan. Sementara itu, Gembong tidak menjelaskan detail alasan Cinta Mega tidak masuk dalam caleg pada Pemilu 2024. Cinta Mega diketahui diperiksa oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai masalah pengadaan lahan di Pulogebang.

 

"Pak Steven sama Bu Indrawati dua-duanya karena alasan kesehatan. (Cinta Mega) beliau tidak mencalonkan," ujar dia.

PDIP DKI Jakarta mendaftarkan sebanyak 106 caleg ke kantor KPU DKI Jakarta di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat pada Kamis (11/5/2022) sekira pukul 09.45-10.45 WIB. Dari total seratusan caleg tersebut, keterwakilan perempuannya hampir mencapai 37 persen.

"PDIP menargetkan minimal kembali ke angka 28 kursi sebagaimana hasil Pemilu 2014. Target maksimal yang akan kita kejar di tahun 2024 PDIP menargetkan 33 kursi dan mudah-mudahan 33 kursi ini tercapai sehingga pemecah rekor pertama anggota dewan terbesar di DKI Jakarta," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement