Jumat 05 May 2023 09:49 WIB

Bangga Karya Anak Bangsa, Siswi SMK dari Kudus Pamerkan Karyanya di Hong Kong Fashion Week

Siswi SMK dari Kudus bersaing dengan 374 partisipan.

Rep: Fergi Nadira/ Red: Erdy Nasrul
Ilustrasi fashion show.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Ilustrasi fashion show.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Indonesia berbangga karena salah satu anak bangsanya berprestasi di luar negeri dalam industri fashion. Seorang siswi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) asal Kudus, Efi Afifah berhasil memamerkan karyanya di Hong Kong Fashion Week 2023 pada April lalu.

Efi Afifah menjadi satu-satunya desainer yang masih duduk di bangku sekolah di antara para peserta pameran dari ratusan desainer dan merek dari beberapa negara. Efi mengatakan, awalnya dia mengikuti lomba dan mendapatkan informasi lomba dari sekolah. Adapun dia bersekolah di SMK NU Banat Kudus, sekolah khusus mode tata busana.

Baca Juga

"Saya sendiri adalah masih pelajar siswi SMK NU Banat Kudus yang duduk di bangku kelas 12, dan saya mengikuti lomba MYDC (modest young designer competition) tingkat nasional," ujar Efi saat dihubungi Republika pada Kamis (4/5/2023).

Dari lomba tersebut Efi bersaing dengan 374 partisipan. Setelah melalui tahapan yang amat sangat ketat, dia akhirnya menang.

"Alhamdulillah saya menjuarai juara 2 dari sini saya bisa membuktikan kalau anak SMK mampu bersaing dengan para mahasiswa dan dari juara tersebut saya dihadiahi untuk pameran di Hong Kong," kata Efi.

Sementara di Hong Kong Fashion Week, Efi adalah satu satunya desainer yang masih duduk di bangku sekolah di antara para peserta pameran lainnya. Karyanya pun sukses di lirik bahkan jadi sorotan para buyer dari mancanegara.

Prestasi Efi di MYDC memilih tema yang terinspirasi dari ombak laut dan mengusung konsep zero waste fashion. Selain memperoleh keuntungan dalam transaksi bisnisnya, Efi  memberikan inspirasi bagi para pelajar SMK lainnya dan tentu membanggakan Indonesia.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by efi afifah (@affhefii)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement