Rabu 03 May 2023 13:03 WIB

Polrestro Tangerang Selidiki Anak yang Buang Orang Tuanya di Jatiuwung

Toto Daryanto (51) dibuang dua anak kandungnya di Jalan Palem Manis, Kampung Dumpit.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Polrestro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho.
Foto: Dok Polresta Tangerang
Kepala Polrestro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Polres Metro (Polrestro) Tangerang Kota sedang menyelidiki seseorang anak yang dilaporkan membuang orang tuanya bernama Toto Daryanto (51 tahun) di Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang, pada pekan lalu. Polisi masih mendalami motif pelaku membuang korban.

"Saat ini Polres Metro Tangerang sedang melakukan klarifikasi kepada beberapa pihak termasuk dua orang yang meletakkan pria ini di daerah Jatiuwung tersebut, yang diduga adanya penelantaran terhadap orang tersebut," kata Kepala Polrestro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho di Kota Tangerang, Rabu (3/5/2023).

Dia menjelaskan, jajarannya masih mendalami kasus itu, termasuk motif peletakan orang tua di daerah Jatiuwung. Zain menerangkan, penyidik masih memeriksa saksi untuk memastikan apakah penelantaran orang tua itu terkait ada unsur tindak pidana.

Dari keterangan sementara, kata Zain, ternyata dua orang yang membuat Toto adalah anak kandungnya. "Kami sedang cek dan periksa semua keluarganya. Mohon waktunya," ujarnya.

Zain menambahkan, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang saat ini sudah menangani Toto. Dengan begitu, orang tua tersebut sudah mendapatkan perawatan dan tidak tinggal di jalananan.

Sebelumnya, Toto menerima nasib buruk setelah ditelantarkan dan dibuang oleh istri serta anaknya di Jalan Palem Manis, Kampung Dumpit, Kelurahan Gandasari, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Subkoor Rehabilitasi Eks Penyandang Penyakit Sosial dan Tuna Sosial Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang, Jajat mengatakan, pihaknya telah melakukan tindakan responsif secara cepat untuk mengatasi masalah tersebut.

"Setelah mendapatkan pengaduan dari Polsek Jatiuwung dan masyarakat sekitar, kini Dinsos Kota Tangerang telah melakukan upaya perawatan terhadap lansia tersebut di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Tangerang," katanya, Jumat (28/4/2023).

Awalnya, kata dia, laki-laki itu ditemukan warga di sekitar daerah Jatiuwung. Setelah itu, petugas sesuai standar operasional prosedur (SOP), membawa Toto yang masih dalam keadaan sakit ke Rumah Singgah Dinsos Kota Tangerang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement