Kamis 13 Apr 2023 08:07 WIB

Kaum Milenial Jaksel Antusias Ikuti Pelatihan UMKM OMG di Kawasan Bukit Duri

Kebanyakan anak muda di Bukit Duri punya antusiasme tinggi akan pengembangan UMKM.

Sejumlah anak muda antusias mengikuti pelatihan UMKM pembuatan bakso goreng (basreng) di bilangan Bukit Duri, Jakarta Selatan.
Foto: Dok. Omg
Sejumlah anak muda antusias mengikuti pelatihan UMKM pembuatan bakso goreng (basreng) di bilangan Bukit Duri, Jakarta Selatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok sukarelawan anak-anak muda Orang Muda Ganjar (OMG) DKI Jakarta menggelar pelatihan UMKM pembuatan bakso goreng (basreng) di bilangan Bukit Duri, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan itu, mereka bekerja sama dengan anak muda setempat memprakarsai pelatihan keterampilan UMKM. 

Wakil Koordinator Wilayah OMG DKI Widodo mengatakan, pelatihan ini merupakan bentuk dukungan mereka akan kemajuan UMKM di Jakarta. Widodo menambahkan kebanyakan anak muda di Bukit Duri punya antusiasme tinggi akan pengembangan UMKM. 

Baca Juga

“UMKM ini jantungnya anak muda kreatif. Ini sumber mata pencaharian utama masyarakat kawasan kumuh,” ujar dia seperti dilansir pada Kamis (13/4/2023). 

Dia menuturkan bahwa OMG mencoba konsisten untuk melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan yang berlandaskan kreativitas yang bisa menopang ekonomi UMKM. 

 

"Terutama anak muda Jakarta punya potensi inovasi-inovasi yang unik untuk kelangsungan survival-nya," kata dia.

Widodo menjelaskan bahwa pelatihan kali ini hasil dari aspirasi anak muda di kawasan Bukit Duri.

"Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat dan memberikan dampak nyata kepada para pemuda," kata dia.

Naya (18 tahun), salah satu peserta mengatakan bahwa ia berencana untuk berjualan demi kelangsungan hidupnya. 

"Saya hanya tamatan SMA dan berniat berjualan. Di masa sekarang ini sulit untuk mencari kerja," kata dia.

Dia mengatakan bahwa bantuan pelatihan ini bisa menambah keterampilannya untuk bersaing di dunia UMKM.

Total ada puluhan peserta hadir mengikuti pelatihan yang dilangsungkan OMG DKI. Warga dari berbagai macam kalangan di Bukit Duri pun ikut meramaikan pelatihan. 

OMG DKI memberi pelatihan dari mulai pembuatan bakso goreng hingga tahap akhir ketika bakso goreng siap disantap.

Bukan kali ini saja kelompok tersebut merangkup para milenial untuk mengembangkan diri. OMG di Yogyakarta beberapa waktu lalu menggelar kegiatan pelatihan kreatif membuat "card holder" bersama milenial. Kegiatan itu digelar di Balakosa Coffe and co. Jalan Nologaten, Caturtunggal, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

OMG Yogyakarta senang melihat antusias milenial yang mengikuti pelatihan tersebut dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi untuk belajar hal baru. 

 

"Kami menggandeng Zero Beads Bag dalam kegiatan berbagi ilmu di pelatihan pembuatan 'card holder' ini. Kami bisa melihat bagaimana antusiasnya para peserta pelatihan, senang sekali," ujar Koordinator Wilayah OMG Yogyakarta Zam Zal seperti dilansir dari Antara

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement