Sabtu 08 Apr 2023 10:01 WIB

Zulhas Akan Penuhi Undangan Gerindra Tindaklanjuti Gagasan Koalisi Kebangsaan

Zulhas menegaskan PAN masih solid berada di Koalisi Indonesia Bersatu.

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan dijadwalkan bertemu Sabtu (8/4/2023) sore.
Foto: dok republika
Ketum Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum PAN Zulkifli Hasan dijadwalkan bertemu Sabtu (8/4/2023) sore.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA--Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (Zulhas) mengaku akan memenuhi undangan dari Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Sabtu (8/4/2023). Pertemuan Prabowo-Zulhas dijadwalkan akan digelar di kediaman Ketum Gerindra di Jalan Kertanegara, Jakarta Selatan, sekitar pukul 15.00 WIB.

“Benar, saya akan memenuhi undangan Pak Prabowo bersama jajaran pengurus DPP PAN,” kata Zulhas di Surabaya, dalam keterangan, Jumat (7/4/2023) malam.

Baca Juga

Zulhas mengaku akan hadir bersama Ketua MPP PAN Hatta Rajasa, Sekretaris Jenderal Eddy Soeparno, Wakil Ketua Umum Yandri Susanto, Wakil Ketua Umum Viva Yoga, Ketua Fraksi PAN DPR  Saleh Partaonan Daulay, dan Ketua Perempuan Amanat Nasional (Puan) Intan Fauzi.

Ketum PAN mengatakan belum mengetahui agenda yang akan dibahas bersama Prabowo. Namun, ia memprediksi pembahasan tak akan jauh dari wacana koalisi besar. "Saya belum tahu, karena saya diundang. Karena ini sudah masuk tahun politik, tidak menutup kemungkinan juga bicara soal itu (Koalisi Besar),” tutur Zulhas.

"Tapi, PAN sampai saat ini tetap solid berada di KIB (Koalisi Indonesia Bersatu) bersama Golkar dan PPP,” kata Menteri Perdagangan ini menambahkan.

Zulhas mengaku, seluruh partai anggota KIB saat ini tengah melakukan pembicaraan dengan partai koalisi pendukung pemerintah. “Semua partai anggota KIB memang sedang melakukan pembicaraan dengan partai koalisi pemerintah, Gerindra, PKB dan PDIP sebagai kelanjutan gagasan terbentuknya koalisi kebangsaan,” tegasnya.

Ketua Fraksi PAN di DPR Saleh Daulay mengeklaim, pertemuan Prabowo-Zulhas dalam rangka silaturahim politik membahas sejumlah isu kebangsaan. Saleh juga tak menampik pertemuan PAN dengan Gerindra bakal membahas kemungkinan koalisi. "Kalaupun ada bicara soal koalisi, tentu konteksnya tetap dalam bingkai kebangsaan. Silaturahim politik seperti ini Insya Allah akan sangat baik. Dengan begitu, tidak ada sekat komunikasi yang tertutup,” tutur Saleh Daulay.

Saleh mengatakan, PAN memiliki relasi hangat dengan Gerindra karena dua periode berada dalam gerbong yang sama. Dia berharap pertemuan antara PAN dengan Partai Gerindra juga mampu menjaga intensitas politik pada Pemilu 2024 tidak menimbulkan polarisasi di tengah masyarakat.

Sebelum dijadwalkan menemui Zulhas, Prabowo telah menemui Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo di Rumah Kartanegara, Jakarta, pada Rabu (5/4/2023). Lalu, pada Kamis (6/4/2023), Prabowo juga menerima kedatangan Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra di kediamannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement