Selasa 04 Apr 2023 19:23 WIB

'Diduga Ada Skandal di Balik Pemulangan Endar ke Polri'

Eks Ketua WP KPK menduga ada skandal di balik pemulangan Endar Priantoro ke Polri.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Bilal Ramadhan
Mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro. Eks Ketua WP KPK menduga ada skandal di balik pemulangan Endar Priantoro ke Polri.
Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Mantan Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro. Eks Ketua WP KPK menduga ada skandal di balik pemulangan Endar Priantoro ke Polri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Pemberhentian dan pemulangan Direktur Penyelidikan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Brigadir Jenderal (Brigjen) Endar Priantoro ke Polri diduga menyimpan skandal di internal lembaga pemburu koruptor tersebut.

Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo mendesak agar Dewan Pengawas (Dewas) KPK, melakukan pengusutan atas skandal tersebut dengan memeriksa semua komisioner serta kesekretariatan jenderal (kesekjenan) KPK.

Baca Juga

“Skandal pengembalian direktur penyelidikan KPK ini sudah menimbulkan persepsi buruk terhadap KPK dari masyarakat. Oleh karena itu Dewas harus proaktif turun tangan  periksa semua pimpinan (komisioner) KPK yang terlibat, termasuk sekretaris jenderal KPK,” ujar Yudi kepada Republika lewat keterangannya, Selasa (4/4/2023).

Yudi menduga skandal pemberhentian, serta pengembalian Endar ke instirusi Polri menyimpan pelanggaran kode etik yang dilakukan para komisioner, dan juga di kesekjenan KPK.

Menurut Yudi, dugaan pelanggaran kode etik tersebut gamblang dalam hal menjaga kerjasama antara KPK dengan lembaga penegak hukum lainnya seperti Polri.

Yudi menilai, dalam hal tersebut ada dugaan perbuatan menyalahgunakan kewenangan yang dilakukan para pemimpin di KPK dalam pemberhentian dan pengembalian Brigjen Endar ke Polri.

“Padahal Polri tidak menarik yang berangkutan, bahkan memperpanjang sebagai iktikad baik Polri dalam membantu KPK di bidang sumber daya manusia,” terang Yudi.

Yudi juga mengatakan, pemberhentian dan pemulangan Brigjen Endar ke Polri itu sebagai sikap yang tak hormat dari KPK terhadap institusi induk kepolisian. Karena menurut Yudi, Kapolri Listyo Sigit Prabowo menolak pemulangan Endar, dengan mengirimkan surat perpanjangan masa dinas di KPK.

“Seharusnya Firli Bahuri menghormati Kapolri dan institusi Polri yang telah mengizinkan anggotanya tetap berkarir di KPK untuk pemberantasan korupsi,” sambung Yudi.

Brigjen Endar Priantoro satu paket namanya bersama Irjen Karyoto selaku Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK yang dipulangkan ke institusi asal di Polri. Pemulangan tersebut pernah disampaikan langsung oleh Ketua KPK Firli Bahuri.

Pemulangan dua pejabat tinggi di KPK ini, santer terkait dengan pecah pendapat antara tim penyelidikan dan penyidikan, dengan para komisioner KPK terkait pengungkapan kasus dugaan korupsi Formula E DKI Jakarta 2022 lalu. 

Sebelum Endar dan Karyoto, pada Februari 2023, para komisioner KPK juga memulangkan Direktur Penuntutan Fitroh Cahyanto, dan satu jaksa penyidik ke Kejaksaan Agung (Kejakgung).

Namun, KPK membantah pemulangan dua personel jaksa, maupun Polri itu ke institusi asal terkait dengan penanganan kasus di KPK. KPK pernah berdalih, pemulangan itu karena masa dinas masing-masing di KPK sudah selesai. Dan untuk pembinaan karier di kepolisian, Irjen Karyoto dan Brigjen Endar dikembalikan ke Polri.

Pekan lalu, merespons pemulangan tersebut, Kapolri Sigit mengiyakan permintaan KPK dengan melantik Irjen Karyoto sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadhil Imran.

Sedangkan terhadap Brigjen Endar Kapolri memutuskan untuk memperpanjang penugasannya di KPK sebagai Direktur Penyelidikan di KPK.

Namun begitu, KPK terlebih dahulu melakukan pemberhentian dengan hormat terhadap Brigjen Endar dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan di KPK. Pemberhentian ini dilakukan seusai KPK tak memperpanjang masa tugasnya di lembaga antikorupsi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement