Kamis 16 Mar 2023 10:24 WIB

Cyber University Wujudkan Pengaruh Nyata Kampus Lewat Cyber Mengabdi

Cyber Mengabdi gelar pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas

Departemen Advokasi dan Kemitraan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Cyber University, mewujudkan peran mahasiswa dengan program kerja Cyber Mengabdi
Foto: dok Cyber University
Departemen Advokasi dan Kemitraan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Cyber University, mewujudkan peran mahasiswa dengan program kerja Cyber Mengabdi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mahasiswa punya kedudukan tertinggi dalam tingkatan pelajar yang membantu proses perubahan melalui sektor pendidikan. Maka dari itu, sebagai  mahasiswa, sudah sepatutnya untuk memberikan pengaruh nyata kepada masyarakat.

Departemen Advokasi dan Kemitraan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Cyber University, mewujudkan hal tersebut dengan program kerja “Cyber Mengabdi”. Menurut Ketua Pelaksana Cyber Mengabdi, Desvika Elsa Ramadhani mengatakan, pada kegiatan ini mereka akan melatih masyarakat untuk membuat kerajinan tangan dari barang bekas, agar bisa menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual.

“Tujuan mulia diadakannya program kerja ‘Cyber Mengabdi’ berupa pelatihan pembuatan kerajinan tangan dari barang bekas agar dapat menghasilkan produk yang mempunyai nilai jual. Selain itu juga memberi bantuan donasi berupa uang dan barang layak pakai,” katanya kepada media, Kamis (9/3).

Elsa menyebut, kegiatan ini akan dilaksanakan di Yayasan Obama Indonesia atau lebih dikenal dengan nama Bilik Pintar, di daerah Menteng Atas, Kec. Setia Budi, Jakarta Selatan, pada Sabtu, 25 Maret 2023 mendatang.

“Sasaran dari program kerja Cyber Mengabdi ditinjau dari beberapa hal. Diantaranya kebutuhan dari daerah terkait dan jarak tempat dengan kampus. Program kerja ini memiliki fokus untuk membantu masyarakat khususnya anak-anak agar bisa memanfaatkan serta mengoptimalkan waktu untuk membuat kerajinan tangan dari barang-barang bekas yang ada disana. Sehingga bisa menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual lebih,” jelasnya.

Cyber University merupakan Kampus Fintech Pertama di Indonesia yang juga mempunyai program dalam pengembangan UMKM. Suparman H Lawu, selaku Wakil Rektor Non-Akademik Cyber University sangat mendukung kegiatan dari mahasiswanya ini.

“Kita tentu sangat mendukung kegiatan positif seperti ini. Terlebih mereka sadar sebagai mahasiswa dan tahu bagaimana cara untuk mengembangkan diri mereka sendiri. Setelah lulus nanti, aksi nyata seperti ini yang harus dilakukan di lingkungan masyarakat,” jelas Suparman.

Sementara itu, Ketua BEM Cyber University, Gregorius Peitra mengajak seluruh civitas akademika Cyber University, aktif berkontribusi melalui donasi dalam bentuk materi maupun barang. 

“Semua (donasi) yang terkumpul akan kita salurkan kepada masyarakat di lingkunan Bilik Pintar. Kami berharap kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat bagi Bilik Pintar,” kata Peitra.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement