Senin 13 Mar 2023 17:29 WIB

Penilaian 'Ideal Semuanya' dari Jokowi untuk Prabowo dan Ganjar

Jokowi belakangan dinilai memberikan sinyal dukungan untuk duet Praboowo-Ganjar.

Rep: Dessy Suciati Saputri, Nawir Arsyad, Antara/ Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak berswafoto bersama. Acara ini kemudian diintepretasikan sebagai dukungan Jokowi untuk Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024. (ilustrasi)
Foto: Laily Rachev – Biro Pers Sekre
Presiden Joko Widodo meninjau panen raya padi dan berdialog dengan petani di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3). Dalam kesempatan ini, Jokowi dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto tampak berswafoto bersama. Acara ini kemudian diintepretasikan sebagai dukungan Jokowi untuk Prabowo dan Ganjar di Pilpres 2024. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan tanggapannya soal isu perjodohan politik antara Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Ia mengatakan, pertemuan Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar saat panen raya di Kebumen, Jawa Tengah beberapa hari yang lalu hanyalah suatu kebetulan.

Jokowi menjelaskan, saat itu Menhan Prabowo juga memiliki agenda kunjungan ke Magelang. Karena itu, ia pun mengajak sekaligus Menhan Prabowo untuk menghadiri acara panen raya.

Baca Juga

"Itu panen raya, panen raya di sawah. Kebetulan Pak Prabowo mau ke Magelang. Saya ajak bareng, turun di Kulonprogo. Karena pertemuan Pak Prabowo-nya siang udah kita ke sawah dulu, ke panen raya. Ada saya, ada Pak Ganjar, ada Pak Prabowo, udah," jelas Jokowi saat memberikan keterangan pers di TPST Kesiman Kertalangu, Denpasar, Bali, Senin (13/3/2023).

Saat ditanya soal siapa di antara Prabowo dan Ganjar yang paling cocok sebagai Presiden, Jokowi pun menilai kedua tokoh itu sudah ideal.

"Ideal semuanya," ujar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Sebelumnya, analis politik dan Direktur IndoStrategi Research and Consulting, Arif Nurul Iman menilai dukungan dari Presiden Jokowi untuk capres cawapres 2024 semakin mengerucut. Ia melihat, dukungan tersebut mengarah kepada Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Apalagi Prabowo dan Ganjar mendampingi Jokowi dalam kunjungan kerjanya ke Kebumen, Jawa Tengah. Ia menilai, ada sinyal yang berusaha disampaikan Jokowi ketika mengajak Prabowo yang notabenenya adalah Menteri Pertahanan.

"Sinyal dukungan Jokowi pada duet Prabowo-Ganjar makin kuat, setelah sebelumnya di berbagai momen, acara kunjungan kerja di Kebumen yang mengajak Prabowo-Ganjar makin memguatkan kemana arah dukungan Presiden Jokowi," ujar Arif lewat keterangannya, Kamis (9/3/2023).

Arif menilai, restu Jokowi pada Prabowo dan Ganjar berbasis kalkulasi politik saat ini. Mengingat elektabilitas dua sosok tersebut merupakan yang teratas dalam banyak hasil survei.

Ia juga berkaca dari hasil survei Indonesia Polling Station (IPS) pada Februari 2023, di mana simulasi terhadap duet Prabowo-Ganjar meraih elektabilitas sebesar 58,5 persen. Tertinggi dari simulasi pasangan lainnya.

"Restu Jokowi yang mengarah pada Prabowo-Ganjar saya kira juga tak lepas dari kalkulasi politik, di mana paslon ini akan menang mudah dalam Pilpres," ujar Arif.

Presiden Jokowi pekan lalu memang sempat melakukan swafoto bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo serta Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Swafoto bersama ini dilakukan saat acara peninjauan panen raya padi di Desa Lajer, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Kamis (9/3/2023).

Dari sejumlah foto yang dibagikan Sekretariat Presiden, tampak tiga pejabat tersebut tengah berada di tengah sawah saat panen raya. Ketiganya pun berfoto bersama para petani yang tengah memanen padi.

Selain Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, juga hadir Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi.

Kendati demikian, Jokowi, Prabowo, dan Ganjar tampak tengah berdiri terpisah dari pejabat lainnya. Dalam foto itu juga terlihat bahwa mereka bertiga sempat berdiskusi bersama.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement